Bikin Heboh Warga! Sijago Merah Diduga Melahap Sumur Minyak Ilegal Drilling di Musi Banyuasin

Bikin Heboh Warga! Sijago Merah Diduga Melahap Sumur Minyak Ilegal Drilling di Musi Banyuasin

Sijago merah diseratai asap hitam pekat mengamuk di wilayah Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin.--dok :sumeks.co

SUMEKS.CO - Sempat bikin heboh warga, sijago merah mengamuk di wilayah Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin, pada Rabu 10 April 2024 di lahan Herman Mayori yang diduga milik warga berinisial Jmy.

Kebakaran tersebut diduganya berasal dari sumur minyak ilegal drilling, api membumbung tinggi disertai asap hitam pekat.

Peristiwa kebakaran tersebut beredar di media sosial dalam postingan video berdurasi 0:23, yang memperlihatkan kepulan asap tebal membumbung ke udara seolah seperti ledakan gunung berapi.

Warga sekitar lokasi sempat panik, takut api menyambar ke rumah warga yang tidak begitu jauh dari lokasi kejadian.

BACA JUGA:Lagi! Gudang Penyulingan Minyak Ilegal di Muba Terbakar, Ini Deretan Peristiwanya

BACA JUGA:Pipa Minyak di PALI Kembali Pecah, Forum Tanah Abang Adukan ke SKK Migas

Warga membuat video dan membagikan ke media sosial agar diketahui piahk terkait. Api membumbung tinggi sangat menakutkan.

Menurut informasi sementara yang di himpun awak media dari masyarakat yang tidak mau disebutkan namanya, sijago merah melalap sumur minyak illegal drilling tepatnya di Desa Keban, di lahan Herman Mayori yang diduga milik berinisial Jmy.

”Nah kebakaran ini terjadi sekitar pukul 10. 46 Wib,” ujar warga yang menolak namanya ditulis tersebut.

Warga yang panik dan takut api semakin besar berusaha menghubungi pihak keamanan dari Polsek Sanga Desa.

BACA JUGA:Truk Pengangkut Minyak Ilegal Terguling, Bikin Jalanan di PALI Licin, Pengendara Geram

BACA JUGA:8 Bulan Bisnis Minyak Ilegal, Minyak Putih Muba Diwarnai Hijau dan Kuning Mirip Solar dan Pertalite Pertamina

Informasi lebih lanjut mengenai insiden kebakaran ini, Kapolsek Sanga Desa IPTU Nirwan Haryadi SH, melalui pesan wasthappnya, Kamis, 11 April 2014, menjelaskan, pihaknya saat ini lagi melakukan olah TKP.

Menurut Kapolsek Sanga Desa, bahwa tempat kejadian perkara kebakaran tersebut berada di lahan milik Herman Mayori.

Dia juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang membuat warga heboh dan panik tersebut.

“Saat ini untuk korban jiwa tidak ada,” terangnya singkat.

BACA JUGA:Minyak Solar Palsu Pakai Bubuk Kuning, Tiap 200 Liter Minyak Ilegal Habis 1 Minggu, Arjo Dapat Untung Rp2 Juta

BACA JUGA:Insiden Pipa Minyak Pertamina Bocor Cemari Anak Sungai, DLH Prabumulih Turunkan Tim ke Lapangan

Namun apakah api sudah bisa dipadamkan, belum ada kabar lebih lanjut. Karena yang terbakar sumur minyak diperkirakan sangat sulit dipadamkan.

Sejak kejadian kebakaran tersebut hingga berita ini diterbitkan, sejauh ini masih belum diketahui apa motif serta penyebab insiden kebakaran yang terjadi.

Apakah ada unsur kelalaian manusia atau memang ada unsur kesengajaan. Pihak kepolisian juga belum memberikan penjelasan lebih lanjut.

Peristiwa ini masih menimbulkan pertanyaan warga sekitar, namun petugas kepolisian setempat masih terus melakukan investasi untuk menguak motif dan penyebab kebakaran tersebut.

BACA JUGA:Paska Penyulingan Minyak Ilegal Dibongkar, Polres Muratara Pasang Police Line dan Kasusnya Tahap Penyelidikan

BACA JUGA:Bukan Minyak Mentah, Diduga Bunker Penampungan Minyak Kios BBM Bocor, Sumur Warga Penuh Minyak Jenis Pertalite

Peristiwa kebakaran seperti ini sudah sering terjadi di Kabupaten Musi Banyuasin. Umumnya terjadi pada kilang-kilang minyak ilegal yang dikelola warga. 

Meskipun sudah ditertibkan kilang minyak ilegal masih terus bertumbuh di Kabupaten Musi Banyuasin. Penertiban dilakukan guna menghindari kejadian kebakaran yang bisa menyebabkan korban jiwa dan kerugian harta benda bagi warga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: