4 Keutamaan yang Terkandung dalam Surah Al-Ma’un, Nomor 3 Selamatkan Azab Kubur dan Siksa Neraka

4 Keutamaan yang Terkandung dalam Surah Al-Ma’un, Nomor 3 Selamatkan Azab Kubur dan Siksa Neraka

keutamaan surah al-ma’un dalam al-quran--

2. Ikhlas Beramal Shalih

Surat Al-Ma’un mengajarkan umat islam agar selalu ikhlas beramal shalih, berhati-hati terhadap perbuatan riya’ dan sum’ah.

BACA JUGA:Surah Al-Insan Selalu Dibaca Nabi Muhammad SAW Tiap Subuh Jum’at, Ini Keutamaannya

BACA JUGA:Istimewanya Surah Maryam yang Perlu Direnungi Oleh Umat Islam, Punya Makna Mendalam dan Banyak Pelajaran!

Kedua sifat tersebut adalah bagian dari penyakit hati yang menunjukkan seseorang senang memamerkan amalannya kepada orang lain agar mendapat pujian.

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih." QS. Al-Insan: 8-9.

Sejatinya, amal shalih yang pamerkan kepada orang lain justru akan menghilang tanpa berpahala sebagaimana dalam QS. Al-Ma’un ayat 4-7.

“Maka celakalah bagi orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya’ dan mencegah (menolong dengan) barang yang berguna”

BACA JUGA:Keutamaan Surah Al-Hajj yang Jarang Diketahui Umat Muslim, Bukan Hanya Amalan Cari Jodoh Saja!

BACA JUGA:Amalkan Surah Al-Kafirun yang Sangat Ditakuti Iblis, Baca Setiap Rakaat Pertama Ketika Shalat!

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil, yaitu riya’. Allah akan mengatakan kepada mereka pada hari Kiamat tatkala memberikan balasan atas amal-amal manusia “Pergilah kepada orang-orang yang kalian berbuat riya’ kepada mereka di dunia. Apakah kalian akan mendapat balasan dari sisi mereka?” HR. Ahmad, V/428-429 dan al Baghawi dalam Syarhus Sunnah, XIV/324, no. 4135 dari Mahmud bin Labid. Lihat Silsilah Ahaadits Shahiihah, no. 951.

3. Melakukan Perbuatan Baik

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari di dalam kitab shahihnya dari Ibnu Amr bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Ada empat puluh kebiasaan baik, yang tertinggi adalah memberi seekor kambing. Tidaklah seseorang beramal dari perbuatan-perbuatan kebaikan tersebut dengan harapan dia mengharap pahala darinya dan membenarkan apa yang dijanjikan padanya, melainkan Allah memasukkannya dengan amalnya ke dalam surga”. Hassan berkata: “Maka kami menghitung kebiasaan baik itu setelah pemberian kambing mulai dari menjawab salam, menjawab orang yang bersin, menyingkirkan halangan dari jalan dan yang semisalnya namun kami tidak sanggup untuk sampai pada lima belas kebiasaan baik tersebut” HR. Bukhari No. 2438.

Melakukan perbuatan baik selama di dunia akan menyelamatkan umat muslim dari siksa kubur dan neraka.

BACA JUGA:Keutamaan Surah Ad-Dhuha, Ajarkan Umat Islam Bersyukur dan Memiliki Empati Terhadap Sesama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: