Banjir Lahar Dingin Erupsi Gunung Marapi, Membuat Akses Jalan Bukittinggi-Padang Panjang Terputus 100 Meter

Banjir Lahar Dingin Erupsi Gunung Marapi, Membuat Akses Jalan Bukittinggi-Padang Panjang Terputus 100 Meter

eredar sebuah video banjir lahar dingin yang dipicu aktivitas yang meningkat dari gunung Marapi Sumatera Barat.--

SUMEKS.CO - Beredar sebuah video banjir lahar dingin yang dipicu aktivitas yang meningkat dari gunung Marapi Sumatera Barat, hingga menyebabkan akses jalan Bukittinggi-Padang Panjang terputus.

Dalam video yang diterima redaksi SUMEKS.CO, Jumat 5 April 2024, meningkatnya aktifitas gunung merapi hingga menyapu jalan ini tepatnya terjadi di Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar sekira pukul 16.00 Wib.

"Mohon ijin, PJR Lantas Polres Sumbar melaporkan pantauan kejadian bencana alam berupa banjir lahar dingin luapan dari erupsi gunung Marapi yang telah terjadi sejak 3 Desember 2023," ucap polisi PJR Lantas melaporkan dari tempat banjir lahar dingin berlangsung.

Masih dalam laporannya, banjir lahan dingin saat ini sudah sampai di sungai sehingga menutup badan jalan kurang lebih sepanjang 100 meter.

BACA JUGA:Gunung Marapi di Sumatera Barat Meletus, Sebelumnya Makan Banyak Korban Pendaki

BACA JUGA:Ife Korban Gunung Marapi Meninggal, Netizen Sebelumnya Berharap Bisa Sembuh dan Berkunjung ke Makam Adan

"Jadi untuk sementara arus lalu lintas dua arah baik dari arah Bukit Tinggi atau sebaliknya belum bisa dilewati," tambahnya.

Sementara dirangkum dari berbagai sumber informasi lainnya, banjir lahar dingin tersebut setidaknya menghancurkan pemukiman warga terutama di Nagari Bukik Batabuah, Kabupaten Agam.

Meskipun belum ada laporan resmi mengenai korban, dampak dari musibah ini terasa luas.

Beberapa ruas jalan di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar dilaporkan lumpuh, menyebabkan gangguan serius pada mobilitas warga.

BACA JUGA:Kisah Heroik Adan yang Tersisa dari Tragedi Erupsi Marapi: ‘Selamatkan Dulu Cewek Itu, Saya Masih Kuat’

BACA JUGA:Uda Tomi Gendong Jasad Korban Marapi Turun Pertama Kali, Netizen Mengaitkan Wujud Awan Erupsi Sangat Mirip

Hingga saat ini dikabarkan, banjir lahar dingin masih terus mengalir di beberapa titik tidak jauh dari peristiwa terjadi.

Sehingga, banjir lahar dingin efek dari erupsi gunung Marapi, menimbulkan kekhawatiran akan dampak lebih lanjut bagi wilayah sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: