Amalan 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadan, Maksimalkan Ibadah Agar Bertemu Malam 1000 Bulan

Amalan 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadan, Maksimalkan Ibadah Agar Bertemu Malam 1000 Bulan

amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan di 10 hari terakhir ramadan--

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu! 4 Amalan Ini Bisa Membuat Setan Menangis, Nomor 3 Kelewatan Kalau Tak Dikerjakan

Allah berfirman dalam Al-Qur'an QS. Al-Baqarah: 186, "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Dalam sebuah hadits dari Jabir bin 'Abdillah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan."

Ada tiga waktu utama terkabulnya doa di bulan Ramadan, yaitu waktu sahur, saat berpuasa, dan ketika berbuka puasa.

BACA JUGA:6 Amalan Pemberat Timbangan di Yaumul Hisab, Yuk Amalkan Mumpung Bulan Ramadan

BACA JUGA:5 Do’a dan Amalan Khusus Agar Istiqomah di Bulan Ramadan, Siap-siap Ini yang Akan Didapat!

Dalam hadits lainnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, 'Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.'”

5. I’tikaf

I'tikaf adalah suatu ibadah yang dilakukan dengan menetap di masjid dengan niat khusus dan sangat dianjurkan dan disunnahkan, apalagi dilakukan di bulan Ramadan.

Dalam hadis dikatakan Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang beri'tikaf sepuluh hari di bulan Ramadhan pahalanya seperti dua haji dan umrah" (HR. Baihaqi).

BACA JUGA:Amalan Penting di Malam Nuzulul Qur’an, Raih Berkah Saat Diturunkannya Alquran kepada Rasulullah SAW

BACA JUGA:Subhanallah, Ini Keistimewaan 10 Hari Pertama Puasa Ramadan, Perbanyak Amalan Berikut Biar Dilimpahkan Rahmat

Dalam sebuah hadits dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa beri'tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri'tikaf setelah beliau wafat¹². Dalam hadis lainnya, Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang beri'tikaf sepuluh hari di bulan Ramadan pahalanya seperti dua haji dan umrah" (HR. Baihaqi).

Waktu i'tikaf yang lebih afdhol adalah di akhir-akhir Ramadan (10 hari terakhir bulan Ramadan) sebagaimana hadits 'Aisyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: