Amalan 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadan, Maksimalkan Ibadah Agar Bertemu Malam 1000 Bulan

Amalan 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadan, Maksimalkan Ibadah Agar Bertemu Malam 1000 Bulan

amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan di 10 hari terakhir ramadan--

Sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al Baqarah: 261, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Orang yang bersedekah didoakan malaikat agar sedekahnya diganti oleh Allah SWT dengan pahala maupun nikmat yang lebih baik.

BACA JUGA:Amalan Sunah yang Dianjurkan Islam untuk Dikerjakan Saat Gerhana, Bacaan Ini Selalu Diamalkan Rasulullah SAW

BACA JUGA:3 Amalan Ringan dari Imam Syafi'i yang Buat Timbangan Pahala Jadi Berat, Simak Disini!

Keutamaan lain sedekah adalah mampu memperpanjang usia dan mencegah kematian buruk, menghapus dosa, seperti air memadamkan api dan cara berbagi rezeki.

3. Memperbanyak Tilawah

Membaca Al-Quran di bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf" (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

BACA JUGA:Lagi Galau? Obati Hati dengan 5 Amalan Ini, Sangat Dianjutkan Dibaca di Bulan Ramadhan

BACA JUGA:4 Amalan Istimewa di Bulan Ramadan yang Bisa Selamatkan dari Siksa Api Neraka, Berikut Bacaannya

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dikisahkan bahwa Rasulullah saw selalu bertadarus dengan malaikat Jibril di tiap malam bulan Ramadhan. "Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)" (HR. Bukhari no. 4614).

Dalam sebuah hadis disebutkan, "Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur'an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya" (HR. ad-Dailami).

4. Memperbanyak Berdo’a

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan merupakan waktu yang sangat baik untuk memperbanyak doa.

BACA JUGA:Amalan yang Jadikan Wajah Cerah dan Glowing, Baca Doa Ini Sebelum Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: