Produksi hingga Jutaan Ton, Inilah 3 Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Sumsel

Produksi hingga Jutaan Ton, Inilah 3 Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Sumsel

Produksi Hingga Jutaan Ton! Inilah 3 Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Sumsel--

Demikianlah rangkuman mengenai tiga daerah terbesar penghasil kelapa sawit di Provinsi Sumatera Selatan.

Kabupaten Lahat dan Kota Prabumulih tidak termasuk dalam daftar tersebut. Produksi kelapa sawit di kedua daerah ini relatif kecil, yakni 159.882 ton di Lahat dan 1.592 ton di Prabumulih.

Diketahui, Sumatera Selatan, atau Sumsel adalah satu dari provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Kota Palembang merupakan pusat pemerintahannya.

BACA JUGA: Pasutri di Muara Beliti Ini Tega Habisi Nyawa Buruh Sawit di Jalan Kebun, Begini Motifnya

BACA JUGA:Gara-Gara Beli Sawit Hasil Curian, Pria di Ogan Ilir Terpaksa Diamankan Polsek Indralaya

Provinsi ini memiliki luas wilayah total sebesar 86.771,68 kilometer persegi. Administratifnya, Sumatera Selatan terbagi menjadi 17 kabupaten/kota. 

Berdasarkan data BPS tahun 2023, jumlah penduduk di Sumsel mencapai 8.837.301 jiwa, dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 101,85 jiwa per kilometer persegi.

Sumatera Selatan dikenal sebagai Bumi Sriwijaya karena merupakan pusat Kerajaan Sriwijaya, yang terkenal sebagai kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara.

Sementara, kelapa sawit (Elaeis guineensis) adalah tanaman tropis yang telah menjadi fokus perhatian global dalam beberapa dekade terakhir. 

BACA JUGA:Pencuri 3 Ton Buah Sawit di Prabumulih Kerap Ancam Pemanen dengan Benda Ini

BACA JUGA:Gara-Gara Beli Sawit Hasil Curian, Pria di Ogan Ilir Terpaksa Diamankan Polsek Indralaya

Meskipun diakui sebagai sumber penting minyak nabati yang digunakan dalam berbagai produk konsumen, termasuk makanan, kosmetik, dan bahan bakar nabati, kelapa sawit juga dikenal sebagai sumber kontroversi lingkungan dan sosial. 

Berikut manfaat ekonomi kelapa sawit 

1. Sumber Minyak Nabati Utama

Kelapa sawit adalah salah satu sumber utama minyak nabati di dunia. Minyak kelapa sawit memiliki keunggulan kompetitif dalam hal produktivitas per hektar dibandingkan dengan minyak nabati lainnya seperti minyak kedelai atau minyak bunga matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: