Berpuasa Tapi Belum Mandi Junub, Sah Atau Tidak? Simak Penjelasan Buya Yahya

Berpuasa Tapi Belum Mandi Junub, Sah Atau Tidak? Simak Penjelasan Buya Yahya

Berpuasa Tapi Belum Mandi Junub! Sah Atau Tidak? Simak Penjelasan Buya Yahya--

"Orang yang berada dalam keadaan hadas besar (junub) di malam hari, lalu tidak sempat mandi hingga masuk waktu Subuh, baik itu karena tertidur atau sengaja menunda mandi sampai Subuh maka puasa orang tersebut tetap sah," ungkap Buya Yahya dikutip dari laman resmi buyayahya.org.

Kendati itu, Buya melanjutkan jika ada seseorang atau pasangan yang tertidur dan bangun setelah matahari terbit, maka wajib baginya untuk mengqadha shalat Subuh.

"Hanya perlu diingat bahwa jika seseorang meninggalkan shalat karena lalai dan menganggap remeh shalat, maka dosanya sangat besar, meskipun dapat diqadha. Mari kita menjaga shalat kita agar kita terhindar dari murka Allah. Wallahu a’lam bish-shawab," demikian tutupnya. 

BACA JUGA:Siang Ini Pukul 14.00 WIB, Buya Yahya Safari Dakwah ke Kabupaten Ogan Ilir, Disini Lokasinya!

BACA JUGA:3 Kali Tinggalkan Salat Jumat Kafir? Hanya Golongan Ini Boleh Meninggalkannya, Simak Penjelasan Buya Yahya

Diketahui, mandi junub adalah salah satu praktik penting dalam agama Islam yang dilakukan oleh individu setelah melakukan aktivitas tertentu yang memerlukan penyucian. 

Istilah junub dalam bahasa Arab merujuk pada keadaan seseorang setelah melakukan hubungan intim atau mimpi basah. Mandi junub memiliki peran penting dalam menjaga kesucian dan kesucian individu dalam praktik keagamaan sehari-hari.

Mandi junub diwajibkan dalam Islam sebagai bagian dari ritual suci yang diperlukan sebelum melakukan ibadah tertentu, seperti salat (shalat) atau membaca Al-Qur'an. 

Hal ini dilakukan karena Islam menekankan pentingnya menjaga kesucian tubuh dan pikiran dalam beribadah. Mandi junub bertujuan untuk membersihkan tubuh dan jiwa dari keadaan junub yang dianggap menghalangi kebersihan spiritual.

BACA JUGA:Bolehkah Suami Memandikan dan Mencium Mayat Istrinya? Buya Yahya Menjelaskan Begini

BACA JUGA:Gelar Syukuran Atau Yasinan Saat Tempati Rumah Baru Wajib Dilakukan? Begini Penjelasan Buya Yahya

Adapun prosedur mandi junub dalam Islam meliputi langkah-langkah berikut :

1. Niat

Sebelum memulai mandi, individu harus membuat niat untuk melakukan mandi junub karena tujuan ibadah kepada Allah.

2. Membasahi Seluruh Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: