Pastikan Daging Aman dan Halal, Petugas Kesmavet Gelar Razia Daging H-3 Jelang Lebaran

Pastikan Daging Aman dan Halal, Petugas Kesmavet Gelar Razia Daging H-3 Jelang Lebaran

Menjelang Hari Raya Idulfitri, Petugas UPT Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) dan Petugas Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) akan melaksanakan pemeriksaan daging sapi dan ayam yang akan dikonsumsi masyarakat sebagai menu Lebaran.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Menjelang Hari Raya Idulfitri, Petugas UPT Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) dan Petugas Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) akan melaksanakan pemeriksaan daging sapi dan ayam yang akan dikonsumsi masyarakat sebagai menu Lebaran. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa daging yang beredar di pasaran aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).

Pemeriksaan daging sapi dan ayam oleh petugas Kesmavet dijadwalkan pada H-3 Lebaran Idulfitri.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa daging yang beredar di pasaran aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH) untuk dikonsumsi masyarakat selama Hari Raya Idulfitri.

BACA JUGA:UMKM Binaan UIN Raden Intan Lampung Lakukan Pelatihan Digital Marketing Universitas Bina Darma Palembang

BACA JUGA:3 Kreasi Masakan Daun Singkong, Cocok Banget untuk Menu Sahur!

Dikatakan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Dedi Kurniawan SSTP melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sadi Purwanto SP MSi, untuk pemeriksaan daging sapi dan ayam ke pedagang pasar, pihaknya akan melaksanakan mendekati Lebaran Idulfitri. 

"Sengaja dijadwalkan H-3 Lebaran Idulfitri meriksa daging sapi dan ayam ke sejumlah pedagang karena di H-3 pembeli mulai ramai untuk mengkonsumsi daging sapi ataupun ayam," ujar Sadi, kepada SUMEKS.CO, Senin 25 Maret 2024.

Diungkapkan Sadi, nantinya untuk pemeriksaan daging sapi dan ayam ini semua pasar dan kalangan di Kabupaten OKI dilaksanakan. Dimana untuk Kecamatan adanya petugas dari UPT Puskeswan.

Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir akan higienisan dan layak tidaknya daging sapi ataupun ayam untuk dikonsumsi pada Lebaran Idulfitri nanti. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Sebut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Merupakan Orang yang Tepat

BACA JUGA:Sengit, Lawan Vietnam di Hanoi Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026, Total 7 Pemain Timnas Indonesia Dicoret

"Semua pasar dan kalangan dilakukan pemeriksaan kesehatan daging sapi dan ayam untuk diketahui layak tidaknya dikonsumsi," jelasnya. 

Lanjutnya, dengan dilakukan pemeriksaan oleh petugas Kesmavet akan daging sapi dan ayam, maka masyarakat mendapatkan daging yang memang layak dikonsumsi. Termasuk tidak adanya daging sapi gelonggongan ataupun oplosan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: