Bahasa Komering Tak Mau Punah! Disdikbud OKU Timur Gelar Bimtek RBD

Bahasa Komering Tak Mau Punah! Disdikbud OKU Timur Gelar Bimtek RBD

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) 2024.--

Tujuannya agar anak-anak terbiasa menggunakan bahasa daerah dan mengerti bahasa daerah Komering.

"Meski tempat tinggal di lingkungan orang jawa namun pergunakanlah bahasa Komering di rumah. Tapi jika di rumah menggunakan bahasa Komering maka anak-anak tidak melupakan bahasa daerah ini," bebernya. 

BACA JUGA:Citroen C3 Aircross Siap Rilis Di Indonesia, Crossover Futuris dan Tangguh di Semua Medan

BACA JUGA:Jangkau Ratusan Santri, Lifebuoy Berkolaborasi dengan Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin Palembang Beri Pelatihan

Ia juga menyampaikan, bahwa guru di Kabupaten OKU Timur yang hampir keseluruhan sudah mengikuti kegiatan Bimtek RBD ini.

"Terdapat empat guru maestro bahasa daerah serta tambahan 92 guru utama dan 498 praktisi. Sehingga RBD bisa diimplementasikan untuk pembelajaran mata pelajaran muatan lokal budaya Komering di sekolah," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan Karyono menyebutkan, bahwa kegiatan RBD 2024 ini merupakan kegiatan RBD tahun kedua.

Selain itu untuk Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaannya masih sama dengan tahun 2023. 

"Saya sangat mengapresiasi kesiapan OKU Timur dalam kegiatan RBD 2024. Dimana hal ini terbukti susahnya dianggarkan kegiatan RBD dalam pendanaan APBD induk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: