Membangun Karakter Bangsa di Lapas, WBP Kayu Agung Terima Sosialisasi Penguatan Ideologi Pancasila

Membangun Karakter Bangsa di Lapas, WBP Kayu Agung Terima Sosialisasi Penguatan Ideologi Pancasila

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Kayuagung menerima sosialisasi penguatan pembinaan ideologi Pancasila yang disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Kayuagung menerima sosialisasi penguatan pembinaan ideologi Pancasila yang disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman WBP tentang Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ogan Komering Ilir (OKI), di aula Lapas Kayu Agung, Selasa 27 Februari 2024.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman kepada petugas Lapas serta warga binaan pemasyarakatan (WBP) tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional Indonesia.

BACA JUGA:Terlalu! Oknum Dokter Spesialis RS di Jakabaring Diduga Lecehkan Istri Pasien, Warganet Minta Usut Tuntas

BACA JUGA:Batik Banyuasin Berpadu Jumputan, Ciptakan Karya Unik Bernilai Tinggi

Acara tersebut turut dihadiri langsung oleh Kepala BPIP RI didampingi Sekertaris Utama BPIP RI dan Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP RI.

Selain itu turut hadir Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, dan Pj. Bupati OKI beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ogan Komering Ilir (OKI),

Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Dr Ilham Djaya menyampaikan pihaknya mengucapkan rasa terima kasih kepada Kepala BPIP RI yang telah mau hadir dan memberikan sosialisasi mengenai pentingnya memperkuat pemahaman ideologi Pancasila sebagai landasan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di salah satu UPT Pemasyarakatan yang ada di wilayah Sumsel.

“Penguatan ideologi Pancasila tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh elemen masyarakat, termasuk petugas Lapas dan warga binaan pemasyarakatan,” ujar Kakanwil Ilham Djaya.

BACA JUGA:Motorola Hadirkan Smartphone Desain Unik bisa Digunakan Layaknya Smartwatch, Pertama di Dunia?

BACA JUGA:KUR Mandiri 2024 Syaratnya Apa Saja? Cek Informasi Pengajuannya Disini

Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan pihaknya menjelaskan tentang pentingnya menjaga keutuhan ideologi Pancasila di tengah dinamika masyarakat yang semakin kompleks.

“Menjalankan tugas sehari-hari berupa pelayanan kepada warga binaan dengan mengedepankan sila ke-2 Pancasila. Perlakukanlah orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Begitu pula sebagai warga binaan, kita menyadari atas kesalahan yang kita perbuat. Kita meminta ampun kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepada orang-orang yang kita salahi, dan dengan tulus ikhlas menjalani hukuman dengan penuh kesadaran dan penerimaan,” ungkap Prof Yudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: