Hukum Islam Soal Tradisi Ziarah Kubur Jelang Ramadan, Awas Jangan Salah Kaprah!

Hukum Islam Soal Tradisi Ziarah Kubur Jelang Ramadan, Awas Jangan Salah Kaprah!

Jangan Salah Kaprah! Berikut Hukum Islam Mengenai Tradisi Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan--

SUMEKS.CO,- Seperti jadi sebuah tradisi, menjelang Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi biasanya kaum muslim berziarah mengunjungi makam keluarga baik itu orang tua ataupun keluarga inti lainnya.

Adapun tujuan dari berziarah menjelang Ramadhan adalah mendoakan keluarga yang telah meninggal diberikan ampunan dosa semasa hidupnya.

Akan tetapi, tidak sedikit terkadang salah kaprah mengenai makna ziarah kubur yang telah menjadi tradisi menjelang Ramadhan ini.

Yang mana, terkadang ziarah kubur Ramadhan dimaknai untuk meminta doa kepada para leluhur yang telah meninggal atau berdoa kepada kuburan.

BACA JUGA:Jejak Kejayaan Islam Kawah Tekurep Palembang, Hingga Jadi Destinasi Wisata Religi Ziarah Kubro 2024

Penting untuk diketahui, makna ziarah kubur yang sebenarnya agar tidak menjadi sesuatu yang dianggap musyrik dengan meminta-minta kepada kuburan.

Dirangkum dari berbagai sumber informasi, Selasa 27 Februari 2024 mulanya Rasulullah SAW melarang umat muslim tradisi ziarah kubur terhadap makam orang atau keluarga yang telah meninggal dunia.

Pada masa itu orang-orang terdahulu masih lemah dalam pola pikir yang masih didominasi oleh sifat kemusyrikan dengan menyembah dewa dan sejenisnya.

Larangan mengenai ziarah kubur yang dikeluarkan oleh Rasulullah SAW itu, lantaran dikhawatirkan tradisi ziarah kubur itu jadi ajang menyembah kuburan.

BACA JUGA:Tradisi Ziarah Kubro dan Eksistensi Habib, Ternyata Begini Sejarah Habib Berikut Tingkatannya

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu larangan tersebutpun akhirnya diperbolehkan oleh Rasulullah SAW.

Hal tersebut sebagaimana di jelaskan dalam hadist yang artinya sebagai berikut:

"Rasulullah SAW bersabda 'Saya pernah melarang berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad telah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya. Maka sekarang berziarahlah..! Karena hal itu dapat mengingatkan kamu kepada akhirat'."

Sebenarnya ada doa yang patut diketahui saat Anda melakukan tradisi ziarah kubur menjelang Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: