Longines Legend Diver 39mm: Jam Tangan Ramping yang Tahan Air Hingga kedalaman 300 Meter

Longines Legend Diver 39mm: Jam Tangan Ramping yang Tahan Air Hingga kedalaman 300 Meter

Ilustrasi--net

Longines Legend Diver 39mm: Jam Tangan Ramping yang Tahan Air Hingga kedalaman 300 Meter

SUMEKS.CO - Satu hal yang paling meyakinkan adalah meskipun ukurannya lebih ramping, Longines Legend Diver 39mm tetap mempertahankan ketahanan air hingga kedalaman 300 meter.

Mesin Jam Longines Legend Diver 39mm ini tersembunyi di balik penutup belakang yang kokoh dan rapat dengan gambar cap seorang penyelam.

Sementara sisi kanan pada Jam tangan ini memiliki pengaturan crown ganda, crown bawah berfungsi untuk mengatur waktu, lalu crown atas mengatur bezel berputar untuk penanda aktivitas penyelam.

BACA JUGA:Jam Tangan Bulgari Octo Finissimo Tuscan Copper Konsisten Pada Rekor Ketipisan Casingnya

Selanjutnya, bagian dalam dial jam menghadirkan indeks antara angka dicampur dengan penanda memanjang serta kotak dan persegi panjang yang dilapisi Super-LumiNova.

Dalam penerapan ini Longines mendesain ulang jarum jamnya, meskipun sangat mirip dengan jarum versi pendahulunya, tapi ini upgrade yang perlu diperhatikan karena sangat berguna untuk aktivitas menyelam.

Jarum menit dan detik juga memiliki bentuk baru dan sentuhan Super-LumiNova. Dan mungkin yang terbaik dari semuanya

Selain itu jam tangan ini juga dilengkapi dengan pegas keseimbangan silikon untuk melawan medan magnet.

BACA JUGA:Jam Tangan Cocok untuk Mahkluk Paling Imut di Bumi! Longines Mini DolceVita dengan Strap Bergaya Bata

Selama bertahun-tahun Longines Legend Diver memiliki pilihan antara Legend Diver 42mm dengan versi tanpa tanggal dan versi dengan tanggal.

Selanjutnya jam tangan bergaya kompresor ini menghadirkan Legend Diver feminin dengan ukuran 36mm.

Sayangnya kedua ukuran itu tidak termasuk ukuran terbaik bagi laki-laki, apalagi jam tangan ini secara tampilan termasuk jenis dress watch, dengan dial dan fitur yang sederhana.

Tetapi kini ukuran yang sudah dinantikan telah hadir, Longines menempatkan Legend Diver 39mm No-Date baru tepat di tengah-tengah dua ukuran lainnya. 

BACA JUGA:Jam Tangan Titanium Flyback Longines Spirit Terbaru Hampir Sempurna Tapi Sayang Sangat Tebal

Demikian halnya kemunculan ini terjadi sehingga dapat dikatakan, Longines Legend Diver yang legendaris ini talah mendapatkan bentuknya yang mantap.

Awalnya model kompresor ini adalah sebuah jam tangan yang meniru model historis penyelamnya yang paling penting dari Longines di akhir tahun 1950an.

Tapi sekarang telah menjadi model utama dalam portofolio merek Longines ini, dan oleh sebab itu penggemar cukup senang dengan cara Longines mengambil jalur yang lebih kreatif dalam beberapa tahun terakhir.

Umumnya jam tangan akan bermain-main dengan dial jam gradasi, material, mesin yang berbeda untuk sebuah penyegaran serinya.

BACA JUGA: Grand Seiko SBGX355 “Snowflake Quartz” Mengangkat Harga Diri Mesin Quartz di Kancah Jam Tangan Mewah

Hal tersebut terlalu mainstream, seperti ada satu hal yang hilang, yaitu sebuah konsep tentang ukuran.

Nah, dengan dimunculkan versi yang sedikit lebih ringkas, Longines mengisi kesenjangan antara versi 42mm yang agak besar dan model 36mm yang feminin untuk memunculkan ukuran 39mm.

Hal yang dilakukan oleh Longines Legend Diver ini sangat tepat, mengingat tampilannya sebagai dress watch dengan ukuran 42mm dirasa kurang menarik.

Pada kasus Longines Legend Diver, terlepas dari apakah versi waktu dan tanggal bahkan versi tanpa tanggal, selalu menjadi jam tangan yang cukup besar di pergelangan tangan.

BACA JUGA:Grand Seiko Merayakan 20 Tahun Kaliber Spring Drive 9R Melalui Jam Tangan Pink Snowflake SBGA497

Tapi sekarang tidak lagi, karena akhirnya dapat Longines Legend Diver hadir dengan ukuran 39mm yang baru dan sebagian besar telah direvisi.

Longines Legend Diver masa kini adalah rekreasi yang dipersembahkan oleh para perakit. Referensi 7042 sebetulnya telah diperkenalkan pada tahun 1959. Jam tangan selam ikonik ini disebut jam tangan selam kompresor.

Jam tangan selam bergaya kompresor ini memiliki sistem paking dan pegas cerdas yang memadatkan seiring meningkatnya tekanan air, sehingga secara efektif meningkatkan ketahanan air saat penggunaan turun.

Tentu saja hal ini jelas ada batasnya, namun demikian meski dengan teknologi serta material modern, konsep ini dinilai sudah agak ketinggalan zaman.

BACA JUGA:Grand Seiko Merayakan 20 Tahun Kaliber Spring Drive 9R Melalui Jam Tangan Pink Snowflake SBGA497

Meski begitu, gaya penyelam kompresor tidak memudar dalam sejarah, saat ini banyak jam tangan yang masih menawarkan desain crown ganda dengan bezel selam berputar internal, termasuk Longines.

Desain casing jam tangan ini memang telah sedikit diubah, dengan sentuhan akhir yang disikat dan dipoles.

Bahwa setelah terjadi pengurangan ukuran dan bentuk casing yang didefinisikan ulang, jarak lug-to-lug juga berkurang, turun dari 52,4mm menjadi 47mm.

Sementara sisi kanan, tetap dipertahankan pengaturan crown ganda, crown bawah berfungsi untuk mengatur waktu, lalu crown atas mengatur bezel berputar untuk penanda aktivitas penyelam.

BACA JUGA:Zenith Defy Extreme Mirror, Jam Tangan yang Terbuat Dari Baja Namun Dipoles Hingga Sejernih Cermin

Kristal safir berbentuk kubah yang indah menutupi dial jam, sementara mesin jamnya dilindungi oleh penutup belakangnya tidak menggunakan material kristal safir.

Perlu diketahui bahwa dial jam ini dibagi menjadi dua bagian, dengan bezel berputar dua arah yang miring bertindak sebagai penghitung penyelaman, tentu saja. Lalu bagian dalam dial utama yang menunjukkan waktu.

Tak puas hanya sekedar memperbarui elemen visual, Longines juga memperkenalkan gerakan yang diperbarui pula.

Jam tangan Legend Diver 39mm No-Date menerima update mesin kaliber otomatis L888.6 yang memiliki cadangan daya lebih besar yaitu 72 jam dibandingkan 60 jam sebelumnya pada kaliber L888.5.

BACA JUGA:Kolektor yang Romantis Tapi Sedang Putus Asa, Dapat Kembalikan Mood Bahagia Melalui Jam Tangan Happiewatch

Kaliber L888.6 ini berjalan dengan kecepatan 25.200 getaran/jam dan merupakan kronometer bersertifikat COSC.

Jam tangan Longines Legend Diver 39mm No-Date ukuran menengah baru ini hadir dengan strap baja manik-manik beras atau pilihan strap pengikat.

Berikut beberapa serinya: dial jam hitam tersedia pada tali kulit coklat bergaya vintage dengan gesper pin baja,

BACA JUGA:TAG Heuer Mengamankan Posisi Terdepan di Kancah Jam Tangan Berlian Melalui Carrera Date Plasma d'Avant-Garde

Ada yang hadir dengan variasi dial jam biru dapat dikenakan pada strap tekstil biru bergaya NATO dengan gesper pin baja.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: