Wajib Diketahui! Manfaat Kegiatan Journaling untuk Kesehatan Mental, agar Tenang dan Bantu Kurangi Cemas

Wajib Diketahui! Manfaat Kegiatan Journaling untuk Kesehatan Mental, agar Tenang dan Bantu Kurangi Cemas

Ilustrasi--net

Wajib Diketahui! Manfaat Kegiatan Journaling untuk Kesehatan Mental, agar Tenang dan Bantu Kurangi Cemas

SUMEKS.CO - Journaling tidak hanya menulis catatan harian, namun Journaling juga mempunyai banyak Manfaat terutama bagi Kesehatan Mental.

Journaling merupakan kegiatan yang menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan maupun gambar, rutin melakukan Journaling tidak hanya bermanfaat untuk menata hidup namun juga memiliki Manfaat lainnya.

Dilansir dari beberapa sumber bahwa rutin melakukan Journaling mampu meningkatkan Kesehatan Mental, hal ini Journaling dapat digunakan sebagai metode terapi psikologis.

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu! Begini Cara Mengatasi Gangguan Mental Pada Remaja, Ambil Tindakan Sebelum Menyesal

Ada beberapa manfaat dari rutin journaling, hal ini dikarenakan kamu dapat melampiaskan atau menuangkan pikiran melalui tulisan.

Biasanya hal yang dituangkan pada journaling ialah aktivitas, impian, tujuan, serta afirmasi positif lainnya, beberapa orang melakukan journaling karena dapat membuat tenang.

Oleh karena itu, yuk simak apa saja manfaat dari melakukan kegiatan journaling sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, Diantaranya :

1. Mengespresikan perasaan

Melakukan kegiatan journaling dapat mengekspresikan perasaan yang sedang kita rasakan, sehingga kita tahu sebenarnya apa sedang kita rasakan, mulai dari bahagia, sedih, cemas, atau cara berpikir kita menjadi logis.

BACA JUGA:Waspada! Kenali Penyebab Ganguan Mental Pada Remaja, 8 Hal Ini yang Sering Diabaikan Orang Tua, Apa Itu?

Tidak hanya itu dengan journaling juga akan membuat terlatih melihat ataupun mengamati perasaan yang timbul, saat melakukan journaling kamu dapat menjadi diri kamu sendiri dan apa adanya.

Oleh karena itu tulislah berbagai perasaan yang sedang kamu rasakan, terutama rasa apa yang kita inginkan atau capai, hingga perasaan kecewa sedih atau marah.

2. Mengendalikan emosi

Jika kamu rutin menuliskan journaling maka kamu akan terbiasa mengkelola dengan berbagai perasaan emosi yang kamu alami, hal ini dapat membuat kamu bisa untuk mengendalikan emosi.

BACA JUGA:6 Ciri Hubungan Tidak Sehat yang Sebabkan Kesehatan Mental Terganggu, Segera Tinggalkan Jika Tak Mau Menyesal!

Oleh karena itu dengan mengekspresikan perasaan dan emosi yang sudah kamu tuangkan dalam tulisan buku harian, sehingga kamu dapat mengidentifikasi keadaan yang memicu perubahan emosi.

Nah sehingga kamu dapat lebih mudah untuk mengkelola dan mengendalikan perubahan emosi yang sedang dirasakan.

3. Mengenal diri sendiri

Journaling juga dapat membantu untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik, oleh karena itu melakukan kegiatan journaling dapat mempelajari dan mengetahui apa yang kita inginkan.

BACA JUGA:Miliki Mental Jawara, 4 Shio Ini Akan Dihantam Kesuksesan Besar Dalam Waktu Dekat

Misalnya hobi, Cita-cita, impian, serta hal hal yang tidak kamu sukai sekalipun. Sehingga kita sangat betul mengenal dan mengetahui diri sendiri.

4. Meredakan stres dan rasa cemas

Journaling merupakan kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk meredakan stres atau rasa cemas, hal ini dikarenakan kami dapat menuangkan atau melampiaskan emosi.

Tidak hanya itu, kegiatan journaling dapat membuat pikiran akan menjadi lebih rileks sehingga dapat meredakan stres dan rasa cemas yang sedang dirasakan.

BACA JUGA:Waspada, Trauma Masa Kecil Pada Anak Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental Loh!

Journaling juga dapat mengekspresikan semua hal yang kamu alami melalui tulisan atau gambar yang dibuat sesuai dengan kreativitasmi.

Hal ini dipercaya dapat membantu untuk meredakan gejolak emosi dari perasaan negatif yang memicu rasa cemas dan stres.

5. Melatih Kreativitas

Tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan mental namun melakukan kegiatan journaling juga dapat melatih kreativitas loh.

BACA JUGA:Kenali Fomo! Sindrom Fear Of Missing Out Bisa Berdampak Pada Kesehatan Mental Lho

Hal ini dikarenakan kamu dapat bebas untuk menulis apapun dan bagaimana pun keadaan nya sesuai dengan kondisi yang sedang kamu alami.

6. Melatih Kepekaan Diri

Terakhir manfaat melakukan kegiatan journaling ialah kamu dapat melatih kepekaan diri dalam hal menyadari bahwa segala sesuatu yang telah terjadi dapat kamu kelola dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: