Tidak Hanya Orang Dewasa, Hipertensi Juga Bisa Menyerang Anak-anak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tidak Hanya Orang Dewasa, Hipertensi Juga Bisa Menyerang Anak-anak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi--net

Tidak Hanya Orang Dewasa? Hipertensi Juga Menyerang Anak-anak,Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

SUMEKS.CO - Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada umumnya menyerang orang dewasa, namun juga dapat terjadi pada Anak-anak maupun remaja.

Hipertensi biasanya di kenal sebagai penyakit yang dipengaruhi oleh usia, oleh karena usia rentan terjadi pada orang dewasa atau lansia, ternyata Hipertensi juga dapat menyerang Anak-anak loh.

Ada beberapa hal yang dapat Penyebab Hipertensi yang terjadi pada Anak-anak mulai dari kelebihan asupan garam, serta terjadinya obesitas pada Anak-anak, yuk simak apa saja Penyebab dan cara mengatasi Hipertensi pada Anak-anak.

BACA JUGA:3 Makanan Bikin Kulit Cepat Keriput, Nomor 1 Paling Digemari Anak Kost

Hal ini tidak boleh disepelekan begitu saja, karena tekanan darah tinggi dapat juga membuat kondisi kerusakan pada pembuluh darah di jantung, sehingga dapat membahayakan.

Yuk simak apa saja penyebab terjadinya hipertensi pada anak-anak dan cara mengatasinya, Diantaranya lain:

1. Terlalu banyak asupan garam

Garam memiliki kandungan sifat untuk menyerap air, hal ini jika kelebihan akan dengan garam akan menyebabkan aliran di dalam pembuluh darah meningkat.

BACA JUGA:Perlu Diketahui, Inilah 8 Manfaat Membiarkan Anak Bermain dan Mandi Air Hujan

Hal ini akan mengakibatkan jantung menjadi lebih keras untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh yang akan meningkatkan tekanan darah.

Sehingga jika kelebihan atau terlalu banyak asupan garam dapat membuat hipertensi atau darah tinggi.

2. Kelebihan berat badan

Tidak hanya kelebihan asupan garam, namun kelebihan berat badan atau disebut juga dengan obesitas dapat menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya hipertensi pada anak.

BACA JUGA:Wow! Ternyata Asap Rokok Bikin Senyum Pria Menyeramkan, Jangan Dibiarkan Bisa Manakutkan

Hipertensi yang disebabkan oleh adanya kelebihan berat badan atau obesitas biasanya dapat juga dialami pada anak usia 7 tahun ke atas.

3. Penyakit bawaan sejak lahir

Biasanya hipertensi yang terjadi pada anak dapat juga diakibatkan dari penyakit bawaan dari sejak lahir, terutama pada usia anak dibawah 6 tahun, namun kerap kali juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan lain dari sejak lahir.

Misalnya penyakit jantung bawaan, penyakit ginjal, gangguan pada hormon, serta kelainan genetik.

BACA JUGA:Kelima Kalinya dalam Sejarah, RSMH Palembang Sukses Transplantasi Ginjal Ayah dan Anak

4. Kurangnya aktivitas fisik

Hipertensi juga dapat lebih berisiko di alami pada anak anak yang kurang interaktif atau kurang bergerak yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk diam, seperti main game, atau menonton TV.

Tidak hanya itu, hipertensi juga sering terjadi pada anak yang memiliki kelebihan atau kekurangan pada berat badan saat lahir.

Atau juga memiliki riwayat keturunan hipertensi, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, perokok pasif, atau riwayat penyakit keturunan lainnya.

BACA JUGA:Benarkah Memberi Anak Ikan Salmon Sejak Dini Bisa Bikin Otak Lebih Cerdas? Cek Faktanya Disini

Untuk itu ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi hipertensi pada anak anak, diantaranya:

1. Menerapkan diet antihipertensi

Salah satu cara yang penting untuk mengatasi hipertensi pada anak ialah melaluo pemberian makanan untuk penurun hipertensi, hal ini dikarenakan agar tekanan darah pada anak tetap stabil sehingga terhio dari berbagai komplikasi.

Tak hanya itu, pola makanan yang sehat merupakan hal yang penting untuk nutrisi hingga dapat menurunkan tekanan pada darah tinggi.

BACA JUGA:Waspada Sebelum Tertular, Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak Sejak Dini dan Cara Pencegahan

Oleh karena itu mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu agar dapat menurunkan kadar darah tinggi, dengan mengurangi asupan garam.

2 Membiasakan anak untuk aktif bergerak

Nah ajak lah anak untuk selalu aktif bergerak hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, misalnya biasakan akan untuk selalu rutin berolahraga hingga dapat berpengaruh terhadap kesehatan pada tubuh.

Oleh karena itu pastikan anak sering ber interaktif untuk berolahraga setidaknya tidak terlalu banyak diam duduk saja.

BACA JUGA: 5 Tips Melatih Anak agar Cepat Berjalan Sendiri, Orang Tua Wajib Tahu!

3.Menjauhkan anak dari asap rokok

Jika sering kali terpapar akan asap rokok hal ini dapat membuat tekanan darah naik, juga merusak jantung sert pembuluh darah, oleh karena itu sebisa nya harus melindungi anak dari asap rokok, terutama orang yang berada disekitarnya.

Nah oleh karena itu mulai sekarang harus menerapkan gaya hidup sehat dalam keluarga, hal ini dilakukan agar anak tumbuh sehat dan dapat terhindar dari hipertensi atau penyakit bahaya lainnya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: