Vasektomi Berbeda dengan Kebiri, Bapak-bapak Tetap Akan Gagah Perkasa

Vasektomi Berbeda dengan Kebiri, Bapak-bapak Tetap Akan Gagah Perkasa

Irma Suryani, politisi dari partai Nasdem, mensosialisasikan bahwa BKKBN merupakan singkatan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.--

PALI, SUMEKS.CO - Ratusan warga Desa Betung Selatan, Kecamatan Abab, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, antusias mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan oleh anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani SE MM, bersama dengan BKKBN Sumsel.

Dalam kesempatan tersebut, Irma Suryani, politisi dari partai Nasdem, mensosialisasikan bahwa BKKBN merupakan singkatan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Sosialisasi ini penting karena banyak masyarakat yang belum mengetahui kepanjangan BKKBN dan tugas pokoknya. 

Tak hanya itu, dia juga memberikan sesi tanya jawab kepada peserta yang hadir. Yang berhasil menjawab pertanyaan, diberikan hadiah doorprize.

BACA JUGA:Wujudkan Birokrasi Berkinerja Tinggi dan Bersih Melayani Kemenkumham Sumsel Ikuti Workshop Reformasi Birokrasi

"Ada dua alat KB laki-laki yakni kondom dan steril laki-laki atau MOP," bebernya.

Tak ketinggalan, perempuan berkacamata itu juga memberikan pertanyaan kepada Bapak-bapak soal 4 alat KB perempuan.

"Susuk, suntik, pil dan spiral," terangnya.

Widya Iswara Ahli Muda BKKBN Sumsel, Pratama Putri SIp MPd menambahkan, alat KB perempuan berupa pil harus diminum secara teratur. Ada yang diminum setiap hari. 

BACA JUGA:Hakim Nawaf Salam yang Dikecam Israel ‘Antisemitis’ Akhirnya Jadi Presiden Mahkamah Internasional

KB suntik ada yang satu bulan sekali dan ada yang 6 bulan sekali. Sedangkan, KB susuk biasanya dipakai di lengan.

"Sedangkan KB spiral dipakai di dalam kandungan tapi tanpa operasi karena sudah ada jalurnya dan kelima adalah Tubektomi atau steril perempuan dimana bersifat permanen," bebernya.

Kemudian, kata dia. Alat KB pria terdiri dari kondom yang dipakai di alat reproduksi laki-laki dan vasektomi. 

Selama ini, kata dia, banyak yang salah-faham kalau vasektomi sama dengan kebiri padahal merupakan dua hal berbeda. "Kalau kebiri, yang dibuang itu "lato-latonya" atau pabrik sperma yang dibuang. Kalau MOP atau vasektomi hanya di tingkat salurannya sehingga tanpa jahitan dan hanya saluran sperma saja dan lato-lato alias pabriknya tetap ada," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: