Rahasia Ikan Tongkol Bebas Gagal, Cukup Putar lalu Tarik Bagian Ini, Bisa Santap Sepuasnya

Rahasia Ikan Tongkol Bebas Gagal, Cukup Putar lalu Tarik Bagian Ini, Bisa Santap Sepuasnya

Cara membersihkan ikan tongkol agar aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan gatal.--

Rahasia Ikan Tongkol Bebas Gagal, Cukup Putar lalu Tarik Bagian Ini, Bisa Santap  Sepuasnya

SUMEKS.CO - Ikan tongkol masih jadi salah satu jenis ikan laut primadona dikonsumsi, namun ikan ini ternyata menimbulkan alergi atau gatal-gatal pada kulit, jika tidak tahu cara mengolahnya. 

Bahkan, akibat mengkonsumsi ikan tongkol yang tidak diolah dengan baik dapat menyebabkan petaka, selain alergi seseorang dapat menyebabkan kepala pusing, mual-mual, hingga berakibat fatal pada bagian tubuh lain. 

Reaksi alergi dari mengkonsumsi ikan tongkol bisa terjadi pada organ-organ tubuh seperti kulit, hidung, mata, telinga, saluran pencernaan, dan saluran nafas. 

BACA JUGA:Tips mengolah ikan tongkol! Dijamin bebas Racun dan Gatal Saat Mengkonsumsinya

Gejala alergi ikan tongkol ini pada kulit bisa berupa berupa gatal-gatal, kemerahan, dan bahkan eksim, pada hidung dapat timbul pembengkakan saluran nafas, hidung tersumbat atau rinitis. 

Pada saluran nafas alergi ikan tongkol bisa menimbulkan penyempitan saluran nafas sehingga dapat mencetuskan serangan asma, pada mata dapat menimbulkan kemerahan dan rasa gatal. 

Pada telinga alergi ikan tongkol ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena adanya gangguan pendengaran. 

Namun bagi kalian yang hobi menyantap ikan tongkol tidak perlu khawatir, ada rahasia ikan tongkol aman dikonsumsi, tanpa khawatir mengalami gatal-gatal. 

BACA JUGA:Resep Asam Padeh Ikan Tongkol, Masakan Khas Padang dengan Cita Rasa Pedas Gurih

Caranya cukup putar ekor ikan tongkol yang akan diolah, selanjutnya tarik keluar, jika belum bisa ditarik, lanjutkan memutar hingga bisa ditarik keluar. 

Pada bagian ekor yang bisa ditarik keluar tersebut itu dipercaya terdapat kandung zat yang menyebabkan gatal-gatal atau alergi. 

Namun perlu diketahui reaksi alergi hanya dapat terjadi pada orang-orang tertentu saja, tidak untuk semua orang. 

Walaupun ada kemungkinan seseorang yang alergi terhadap sesuatu bahan akan alergi pula terhadap satu atau lebih bahan lain namun tidak selamanya demikian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: