Panggil 3 Pemain Piala Soeratin, Indra Sjafri Ingin Timnas Indonesia U-20 Diperkuat Pemain Berpostur Tinggi

Panggil 3 Pemain Piala Soeratin, Indra Sjafri Ingin Timnas Indonesia U-20 Diperkuat Pemain Berpostur Tinggi

Indra Sjafri--dok : sumsek.co

Panggil 3 Pemain Piala Soeratin U-17, Indra Sjafri Ingin Timnas Indonesia U-20 Diperkuat Pemain Berpostur Tinggi

SUMEKS.CO - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri tampak terkesan dengan ketiga pemain jebolan turnamen Piala Soeratin U-17 musim 2023-2024.

Untuk itu, ketiga pemain tersebut dipanggil Indra Sjafri ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20.

Tak hanya tiga pemain bernama Indra Sjafri yang baru saja meraih Piala Soeratin, tapi juga Direktur Teknik (Dirtek) PSSI ini memanggil PSIS Semarang untuk bergabung dengan tim Garuda Nusantara.

Berdasarkan laman resmi PSSI, Indra Sjafri mengatakan bahwa tiga pemain Piala Soeratin U-17 itu adalah Muhammad Rizal (Persikopa Pariaman), Chiristian Deo Putra Lambok (Batavia FC), dan M. Mufdi Iskandar (Persiku Kudus) setidaknya tercatat sebagai salah satu dari tiga pemain tersebut.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Terhenti di 16 Besar Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Apresiasi Perjuangan Anak Asuhnya

Indra Sjafri terus mencari susunan pemain terbaiknya. Selama Training Camp (TC) yang sedang berlangsung, pemain akan bergantian masuk dan keluar dari tim Garuda Nusantara.

Indra Sjafri kini akan bekerja sama dengan pelatih Elite Pro Academy (EPA) dan Piala Soeratin U-17 untuk mencari pemain potensial.

Selain talenta, Indra Sjafri mengaku sedang mencari pemain yang berpostur tinggi agar squad Indonesia diperkuat dengan minimal tinggi badan 1,75cm.

Garuda Nusantara Training Center (TC) bertujuan untuk mempersiapkan mengikuti sejumlah misi penting.

BACA JUGA:EMTEK Pemegang Hak Siar Seluruh Laga Timnas Indonesia 2024, Kontraknya Bernilai Miliaran

Timnas U-20 akan berlaga di Piala AFF U-19, disusul kualifikasi Piala Asia U-20, berpeluang lolos ke Piala Dunia U-20 2025 yang digelar di Chile.

Pelatih Indra Sjafri mengatakan pihaknya telah membuat program untuk timnas U-20 Indonesia atau timnas U-20 tahun depan.

Pertama, berencana mencobanya di semua kalender pertandingan FIFA dan mengadakan kamp pelatihan dan uji coba pada setiap hari pertandingan FIFA.

Program berjalan hingga Desember 2024 dan sudah diserahkan ke PSSI.

BACA JUGA:Joel Kojo Selamatkan Timnas Indonesia Dipuja-puja Netizen, Ternyata Doi Mengidolakan Cristiano Ronaldo

Indra Sjafri mengatakan pemusatan latihan akan berlanjut hingga 10 Februari. Namun sebelumnya ia mengatakan akan ada beberapa rencana uji coba lagi, termasuk laga melawan Suwon FC di Liga Premier Korea (K League 1).

Tanggal pertandingan FIFA terdekat tahun ini adalah Maret 2024. Pelatih berusia 60 tahun itu juga akan mempertemukan kembali para pemain yang dipertahankannya dari pemusatan latihan ini, serta beberapa anggota baru.

Indra Sjafri mengatakan, partainya sedang memantau sejumlah pemain potensial, mulai dari kompetisi Piala Soeratin U-17, akademi profesional elit, hingga pemain yang berkarir di luar negeri atau diaspora.

Rangkaian program ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Timnas U-20 Indonesia menghadapi rangkaian ajang dalam waktu dekat, antara lain Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-19 2025.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Ditolong Kyrgystan Usai Imbang 1-1 Kontra Oman, Kocak! Netizen Tanah Air Serbu Akun Joel Kojo

Tujuan akhir tim PSSI ini adalah mencapai final Piala Dunia U-20 2025 di Chile.

Pelatih Indra Shahri mengatakan, selain tiga pemain yang disebutkan di atas, ada pemain lain yang juga akan dipanggil, yakni Adi Purnama S. Suaib dari PSIS Semarang.

Keempat pemain ini merupakan hasil pantauan Indra dan staf kepelatihan Timnas U-20 Indonesia.

Tiga nama pertama, Muhammad Rizal, Deo Putra, dan Muhdi Iskandar menjadi pemain yang sukses membawa tim sukses di Piala Soelatin U-17 2023-2024.

BACA JUGA:Telan Kekalahan 1-3 dari Jepang di Piala Asia 2023, Performa Timnas Indonesia Makin Berkembang

Deo Putra diketahui mampu mengantarkan Batavia FC menjadi juara Piala Soelatin U-17.

Sedangkan Muhammad Rizal mengantarkan Persicopa Pariaman ke posisi kedua dan Muhdi Iskandar membawa Persic Kudus ke posisi ketiga.

Pemanggilan keempat pemain ini sejalan dengan keinginan Indra sebelumnya yang ingin memberikan kesempatan kepada seluruh pemain di semua kompetisi melalui sistem promosi dan degradasi TC Timnas U-20 Indonesia.

PSSI mengimbau seluruh klub membentuk tim pencari bakat agar bisa menelusuri seluruh aktivitas sepak bola di Indonesia dari mana saja dan dari mana saja.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Ditolong Kyrgystan Usai Imbang 1-1 Kontra Oman, Kocak! Netizen Tanah Air Serbu Akun Joel Kojo

Karena PSSI bukan pabrik pemain, melainkan klub yang sebagai anggota PSSI dukung dan harapkan bisa mendapatkan pemain-pemain terbaiknya.

Oleh karena itu, pemain tersebut merupakan tawaran dari klub dan lolosnya Timnas U-20 Indonesia sendiri ke Piala Dunia U-20 2025 sedang dalam pembahasan.

Tim asuhan Pelatih Indra Sjafri juga akan mengikuti beberapa program antara lain Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: