Yang Penasaran dengan Bola Besar Bergelantungan di Kabel Listrik, Ternyata Fungsinya Sangat Penting

Yang Penasaran dengan Bola Besar Bergelantungan di Kabel Listrik, Ternyata Fungsinya Sangat Penting

Fungsi aerial marker ball atau bola-bola besar pada kabel listrik tegangan tinggi.--

SUMEKS.CO - Tentu banyak yang penasaran dengan fungsi bola-bola berukuran cukup besar yang dipasang pada kabel listrik bertegangan tinggi.

Bola-bola yang dipasang petugas PLN ini disebut dengan aerial marker ball alias bola penanda udara.

Ternyata fungsi bola-bola dengan warna terang, salah satunya orange, sangat penting bagi dunia penerbangan atau memberi penanda kepada pesawat terbang atau helikopter.

Marker ball dipasang pada kabel listrik agar kabel dapat terlihat oleh pilot pesawat yang terbang rendah agar menghindari kabel yang melintang.

BACA JUGA:Listrik Bermasalah, Tanggung Jawab PLN Hanya Batas Atas Pintu Ya! Sisanya?

Ketika helikopter dan pesawat kecil sering kali terbang rendah di jalur pegunungan atau melintasi jalan raya saat mendekati bandara konduktor dan kabel cakrawala hampir tidak terlihat oleh pesawat terbang.

Oleh sebab itu marker ball sering dipasang dekat jalur pegunungan di daerah lembah yang dalam, dekat persimpangan jalan raya utama dan disekitar bandara.

Dengan adanya informasi ini, kalau kamu berkendara melewati kabel listrik dengan bola penanda, kamu dapat dengan bangga menyampaikan informasi bahwa bola tersebut digunakan untuk keselamatan pesawat terbang.

Fungsinya juga untuk melindungi infrastruktur ke listrikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: