BUMN Gandeng PWI Tingkatkan Kualitas Jurnalisme, Siap Lahirkan Jurnalis Profesional di DIY

BUMN Gandeng PWI Tingkatkan Kualitas Jurnalisme, Siap Lahirkan Jurnalis Profesional di DIY

Tiga BUMN bersama Forum Humas BUMN bantu sepenuhnya penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang digelar di PWI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tanggal 18-19 Januari 2024.--

BACA JUGA:Pejuang Yaman Disebut Mirip Artis Amerika, Netizen Protes Rashid Pahlawan Dunia Nyata, Timothee Hanya Aktor

Lanjutnya, di tengah arus perkembangan platform digital dan media sosial, wartawan tetap dituntut untuk berperilaku professional dengan memegang prinsip-prinsip jurnalistik, seperti menyampaikan kebenaran, cover bothside, verifikasi, akurasi, independensi, dan keberpihakan kepada kepentingan publik, paparnya.

Dengan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan ini, diharapkan rekan-rekan wartawan menjadi wartawan yang unggul, yakni wartawan yang profesional, independen, dan berakhlak baik.

Ketua PWI DIY Don Hudono mengatakan UKW yang didukung  oleh tiga BUMN yang ada di Yogyakarta ini, merupakan UKW ke 10 PWI Jogyakarta.

Ini merupakan program UKW yang di selenggarakan oleh PWI Pusat.

"Kami berterima kasih atas dukungan BUMN yang diberikan dukungan untuk pelaksanaan UKW ini," ujarnya.

BACA JUGA:Mas Luker Ngaku Kerja Remote Janji Bos di Amerika Siap Angkat Bicara, Netizen Ramai Lagi: ‘Kok di Blur Sih!’

"UKW ini merupakan salah satu program dari pengurus PWI Pusat agar para wartawan profesional dalam menjalankan tugasnya dilapangan, selain itu pula pastinya akan menghindari pemberitaan yang tidak sesuai dengan kode etik," tambahnya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri Assistant Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Hendras Andri Pratama mewakili Manager Humas Daop 6.

Kompetisi Jurnalistik Direktur UKW PWI Pusat Dr Firdaus Komar MSi menjelaskan, dalam rangkaian UKW juga digelar kompetisi jurnalistik. 

Menurut Firko, peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) berkesempatan mengikuti lomba kompetisi jurnalistik dengan memperebutkan total hadiah Rp50 juta.

BACA JUGA:Kim Jong Un Rilis 2 Drone Perang Baru Tapi Dinilai Mirip Drone Amerika, Banyak Sanksi Tak Bikin Korut Melempem

Kompetisi jurnalistik khusus bagi peserta yang mengikuti UKW PWI-BUMN yang kick-off-nya, pada Kamis-Jumat 28-29 Desember 2023, serentak di tiga daerah sekaligus, yaitu di Manado, PWI Sulawesi Utara (Sulut), di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan di Banda Aceh, PWI Provinsi Aceh dan dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta.

Secara teknis mengenai kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW PWI-BUMN ini, ujar Firdaus, wajib memenuhi kriteria sebagai berikut, tema tulisan lomba ‘peran BUMN terhadap kemajuan pers melalui UKW’. Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba berupa feature dengan minimal 1.500 karakter. 

Selanjutnya karya yang dilombakan dikirimkan ke link yang telah disediakan oleh admin PWI Pusat dengan waktu maksimal tiga hari setelah pelaksanaan UKW yang digelar di masing-masing daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: