Waspada! 5 Penyakit Kulit yang Harus Dihindari Saat Datang Musim Hujan

Waspada! 5 Penyakit Kulit yang Harus Dihindari Saat Datang Musim Hujan

Ilustrasi beberapa gangguan pada kulit pundak akibat jamur.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Gatal-gatal pada bagian pundak bisa saja terjadi pada musim hujan, karena udara yang lembab membuat kurman cepat berkembang biak. Kuncinya, menjaga kebersihan tubuh secara menyeluruh. 

Penyakit kulit terjadi karena beberapa faktor, seperti cuaca lembab, terkena genangan air yang banyak kuman dan lainnya.

Genangan air yang ada dijalan kebanyakan ada kumannya, jika mengenai tubuh akan menyebabkan gatal – gatal hingga alergi tertentu.

Jika tubuh sudah terlanjur terkena genangan air, cobalah untuk cepat – cepat mencucinya dengan air bersih dan memakai sabun.

BACA JUGA:Wajib Dicoba, Intip 5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala Disaat Musim Hujan Agar Bebas Ketombe

Jangan pernah menganggap sepele saat terkena genangan air saat musim hujan, hal ini karena akan berdampak serius pada tubuh bahkan kulit.

Berikut beberapa penyakit kulit yang perlu diwaspadai saat musim hujan :

1. Penyakit kurap

Penyakit kulit seperti kurap harus diwaspadai. Biasanya disebabkan infeksi jamur sehingga tubuh akan terasa gatal serta kemerahan.

BACA JUGA: Musim Hujan Rawan Terkena Flu, Berikut Cara Mengatasi Flu dengan Pengobatan Alami

Penyakit kurap biasanya menyebar ke seluruh bagian tubuh termasuk pundak, ketiak, tangan, kaki hinnga wajah dan kepala.

Tanda – tanda datangnya penyakit ini biasanya datang ruam kemerahan yang berbentuk lingkatan serta terasa sangat gatal sampai bersisik.

Penyakit ini dapat terjadi juga karena keringat yang berlebihan dan kelembapan sangat meningkat sehingga banyak bakteri menumpuk pada kulit tubuh.

Cara mencegah munculnya penyakit kurap yaitu menjaga kebersihan tubuh dengan menggunakan pakaian bersih setelah mandi, hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: