Wajib Dicoba, Intip 5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala Disaat Musim Hujan Agar Bebas Ketombe

Wajib Dicoba, Intip 5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala Disaat Musim Hujan Agar Bebas Ketombe

Keramas atau mencuci rambut merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Pada musim hujan seringkali mengalami rambut lepek yang disebabkan kehujanan. Tidak hanya itu berbagai permasalahan kulit kepala seperti ketombe juga bisa timbul.

Terutama bagi wanita harus lebih ekstra untuk merawat kulit kepala dan dibutuhkan tips yang jitu agar bisa menjaga kulit kepala agar tak bermasalah.

Apalagi pada musim hujan ini merupakan salah satu pemicu adanya peningkatan masalah pada kulit kepala seperti ketombe ataupun rambut rontok.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dari risiko ketombe saat musim hujan.

BACA JUGA:Selain Uban, Ini 5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kulit Kepala, Bisa Hilangkan Kutu dan Ketombe

1. Melakukan eksfoliasi secara rutin

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepla dari kelembapan yang berlebih ialah dengan melakukan eksfoliasi.

Ketika udara sedang dingin dan juga lembap hal ini akan berdampak pada kulit kepala yang menjadi lebih rentan kering.

Hal ini disebabkan oleh banyak sel kulit mati yang sudah menumpuk sehingga akan menyebabkan ketombe kering muncul.

BACA JUGA:7 Cara Alami Ini Efektif Mengusir Ketombe yang Membandel

Secara umum kegiatan eksfoliasi ini biasanya dilakukan pada wajah dan bagian leher saja, tetapi kulit kepala juga merupakan salah satu bagian penting yang harus di eksfoliasi secara rutin.

Dengan proses eksfoliasi inilah yang akan bermanfaat untuk mengatasi adanya  penumpukan dari residu dari produk perawatan rambut.

Jika tidak melakukan eksfoliasi pada kulit kepala akan menyebabkan rambut menjadi basah dan sulit untuk kering sehingga akan memiuc adanya ketombe basah akibat dari penumpukan minyak dan juga kotoran.

Karena itu sangat penting untuk menjaga keseimbangan pH kulit kepala agar membantu kadar keasaman yang ada di kulit kepala dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: