Satlantas Polres Ogan Ilir Peringatkan Bengkel Tak Menjual Knalpot Brong

Satlantas Polres Ogan Ilir Peringatkan Bengkel Tak Menjual Knalpot Brong

Personel Satlantas Polres Ogan Ilir saat menyampaikan imbauan kepada pemilik bengkel, supaya tidak melayani penjualan knalpot brong. Foto: dokumen/sumeks.co--

BACA JUGA:Pemasangan Knalpot Brong Melanggar Hukum, Pemilik Motor Bisa Dikurung Sebulan

Penampakan ikan bandeng raksasa di bundaran air mancur alun-alun Kota Pati ini, kini viral di media sosial sejak Sabtu, 13 Januari 2024.

Seperti yang tampak dari unggahan akun Instagram @kabarnegri. Unggahan berdurasi 2 menit 3 detik ini mendapatkan apresiasi dari warganet. 

Menurut Kasat Lantas Polresta Pati, Kompol Asfauri, ribuan knalpot brong ini merupakan hasil dari operasi penindakan Satlantas Polresta Pati dalam empat bulan terakhir. 

Ikan bandeng raksasa yang dibentuk menjadi sebuah monumen ini memiliki ukuran panjang 11,5 meter dan tinggi 2 meter. 

BACA JUGA:Knalpot Brong Masih Menjadi Sasaran Operasi Zebra Musi 2023 yang Digelar Selama 14 Hari ke Depan

"Ide membuat monumen bandeng ini muncul, karena bandeng merupakan salah satu produk unggulan khas Pati," sebutnya, Sabtu, 13 Januari 2024.

Kasat Lantas menambahkan, bahwa untuk membuat ikan bandeng raksasa ini, pihaknya hanya membutuhkan waktu 10 hari. 

"Pembuatan monumen bandeng ini membutuhkan waktu sekitar 10 hari. Monumen ini dikerjakan oleh pengrajin di Rendole Pati," terangnya. 

Kasat Lantas mengatakan, keberadaan monumen ini diharapkan mampu mengedukasi para pengguna sepeda motor agar tidak menggunakan knalpot brong. 

BACA JUGA:Satlantas Polrestabes Palembang Tilang 76 Pelanggar, Knalpot Brong Mendominasi

"Hal itu tentunya untuk menciptakan situasi kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) di Pati," harapnya. 

Monumen ini, jelas Kasat Lantas, hendaknya jadi pengingat bagi pengguna jalan yang melintas di area alun-alun, jantung Kota Pati. 

Setelah ini, Kasat Lantas Polresta Pati menegaskan, pihaknya akan tetap menggencarkan razia knalpot brong, dengan mengutamakan kegiatan preventif dan edukatif.

"Baik kepada pengendara sepeda motor, produsen, maupun bengkel-bengkel penjualan aksesoris sepeda motor," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: