Buah Langka! Yuk Intip Fakta Unik Kesemek yang Dijuluki dengan Si Buah Genit

 Buah Langka! Yuk Intip Fakta Unik Kesemek yang Dijuluki dengan Si Buah Genit

Buah kesemek memiliki bentuk yang cukup menarik, berbentuk dan berukuran mirip dengan buah apel.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Buah kesemek mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, hal ini dikarenakan buah kesemek merupakan yang dipanen secara musiman. 

Buah ini memiliki bentuk yang cukup menarik, berbentuk dan berukuran mirip dengan buah apel, yang membedakan nya ialah permukaan kulitnya ada lapisan bubuk halus yang berwarna putih alami seperti bedak. 

Ini merupakan salah satu ciri khasnya buah kesemek ialah adanya warna putih, seperti buah yang dilumuri dengan bedak. Maka dari itu sebagian menyebut kesemek yaitu disebut sebagai buah genit, karena "camerok" memakai bedak. 

Bentuk dari buah kesemek ini bulat yang hampir mirip dengan tomat,  saat muda kulitnya berwana hijau, dan buah ini akan menjadi warna orange terang ketika sudah matang.

BACA JUGA:Yuk Intip Resep Salad Buah Gulung Ala Vietnam, Camilan Sehat dan Bergizi

Buah kesemek ini sebagain besar  dihasilkan di negara-negara Asia Timur salah satunya Negara Cina. Cina merupakan penghasil buah kesemek terbesar di dunia.

Eits ternyata tanaman buah ini juga memiliki nama lain yaitu Rasa  Diospyros kaki Thunb  yang memiliki cita rasa yang manis , enak dan aman dikonsumsi. 

Namun ada juga buah kesemek rasanya yang sangat sepat jika dikonsumsi secara langsung, biasanya rasa sepat itu sendiri dikarenakan memiliki kandungan tannin  cukup tinggi.

Tenang saja kandungan tanin akan menurun jika proses kematangan buah sudah sempurna, biasanyarasa sepat tiu akan berkurang. 

BACA JUGA: Resep Puding Lapis Buah, Manis dan Lembut Cocok Dijadikan Makanan Penutup

Nah biasanya di tradisi Indonesia ada berbagai cara agar menghilangkan rasa sepat  buah kesemek ialah dengan merendam pada larutan air kapur minimal 24 jam. 

Larutan air kapur ini akan meninggalkan serbuk putih mirip bedak pada kulit buah kesemek.

Tekstur dari daging buahnya sangat terasa lembut dan memiliki cukup banyak kandungan air. Dan buah ini juga tidak memiliki biji didalamnya. 

Nah selain memiliki rasa yang lezat dan manis, dan ada juga yang sepat ternyata buah ini juga memiliki beberapa manfaat positif loh untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: