Pj Gubernur Agus Fatoni Gerak Cepat Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Muratara yang Terdampak Banjir

Pj Gubernur Agus Fatoni Gerak Cepat Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Muratara yang Terdampak Banjir

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni berikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana banjir di Muratara--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni langsung bergerak cepat untuk menghadapi bencana yang merendam 6 Kecamatan di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sejak Rabu 10 Januari 2024.

Pj Gubernur Sumsel menyalurkan bantuan kepada masyarakat sebagai bentuk perhatian Pemprov Sumsel kepada warga yang terdampak.

Diwakili Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, M Iqbal Alisyahbana memberikan langsung bantuan tersebut ke Kantor BPBD Kabupaten Muratara yang selanjutnya diterima oleh Wakil Bupati Muratara Ahmad Inyatullah dan jajaran.

“Sesuai dengan instruksi pak Pj Gubernur, kita telah sampaikan bantuan ke Muratara diterima langsung oleh Wakil Bupati, Kepala BPBD Muratara,” kata Iqbal di Kantor BPBD Kabupaten Muratara, Sumatera Selatan Jumat, 12 Januari 2024.

BACA JUGA:Pemkot Khawatir Volume Air Sungai Musi Naik, Bisa Jadi Penyebab Banjir di Kota Palembang!

Bantuan yang diberikan tersebut berupa 600 paket sembako, selimut dan tenda.

Selain itu, sejumlah petugas juga diturunkan untuk memberikan fasilitas trauma heealing menjadi langkah rehabilitasi yang tepat bagi para korban bencana untuk menyembuhkan diri pasca bencana. 

“Kita bersama Dinas Kesehatan Provinsi juga telah menyalurkan obat-obatan untuk warga termasuk petugas kesehatan dan trauma healing untuk membantu pemulihan psikologi warga khususnya anak-anak,” kata Iqbal.

Iqbal menyebut bencana banjir ini dipicu curah hujan yang tinggi di wilayah Muratara.

BACA JUGA:Antisipasi Musim Penghujan, BPBD OKI Siapkan 6 Perahu dan Pelampung untuk Tangani Banjir di Kabupaten OKI

Saat ini terdapat enam kecamatan yang terdampak, yaitu Ulu Rawas, Rawas Ulu, Karang Jaya, Rupit, Karang Dapo dan Rawas Ilir.

“Untuk kerugian akibat banjir ini belum dapat ditaksir, masih dalam penghitungan petugas BPBD Muratara. Tapi yang jelas dilaporan terdapat 8 jembatan gantung putus,” imbuhnya. 

Selain merendam pemukiman warga, kebun serta ribuan ekor hewan ternak milik warga yang terdiri dari kerbau, sapi, kambing dan domba juga mati akibat bencana banjir.

Lebih lanjut Iqbal mengingatkan masyarakat Sumsel yang bermukim di daerah rawan bencana untuk tetap waspada, terutama yang berdomisili di sekitar bantaran sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: