Jarak Kelahiran Bisa Diatur dengan Program KB

Jarak Kelahiran Bisa Diatur dengan Program KB

Desa Tanjung Makmur, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten OKU menjadi salah-satu tempat kegiatan sosialisasi dan KIE program Bangga Kencana bersama mitra, Senin 8 Januari 2024.--

OKU, SUMEKS.CO - Desa Tanjung Makmur, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten OKU menjadi salah-satu tempat kegiatan sosialisasi dan KIE program Bangga Kencana bersama mitra, Senin 8 Januari 2024.

Dalam kesempatan itu, perwakilan BKKBN Sumsel, Kholifaturrahchman SH MSi menyebutkan, dalam berkeluarga sebaiknya memiliki bekal menjadikan keluarga itu betul-betul keluarga bahagia dan sejahtera. Keluarga sakinah mawaddah warahmah," sebutnya.

Caranya, selain mempunyai pekerjaan juga mempunyai rencana punya anak dimana anaknya harus lebih baik dari pada kita.

"Kalau kita punya anak, atur jarak kelahirannya," imbaunya.

BACA JUGA: Fakta dan Keunikan Bunga Monkey Orchid, Anggrek Langka yang Memiliki Bentuk Mirip Monyet

Dia menyebutkan, cara mengatur jarak kelahiran yakni menggunakan alat kontrasepsi yang menggunakan hormon seperti suntik, pil, implan dan yang tanpa menggunakan hormon yaitu IUD, kondom dan menggunakan vasektomi dan steril bagi wanita (tubektomi).

Tak ketinggalan, Irma Suryani Chaniago menambahkan, KB sangat berguna untuk mengatur jarak kehamilan. "Tidak boleh terlalu dekat, tidak boleh terlalu banyak," ajaknya menyebutkan minimal dua atau tiga anak saja.

Perempuan berkacamata itu juga menjelaskan, bagi anak perempuan yang ingin menikah sebaiknya minimal di usia 21 tahun dan laki-laki minimal usia 25 tahun.

Kenapa harus di umur tersebut? Supaya rahimnya kuat bagi perempuan dan sudah matang bagi laki-laki untuk menjadi Kepala Keluarga dan bertanggung jawab. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: