Duel Spek Mobil Toyota Alphard Vs New Vellfire, Perbandingan Dua MPV Luxury Toyota

Duel Spek Mobil Toyota Alphard Vs New Vellfire, Perbandingan Dua MPV Luxury Toyota

Mobil Toyota Alphard telah menjadi standar MPV mewah yang sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. --dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Mobil Toyota Alphard telah menjadi standar MPV mewah yang sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Versi terbaru, New Alphard 2023, mempertahankan elegansinya dengan desain khas yang masih sangat mencolok.

Namun, jika kita berbicara tentang MPV Premium, Toyota juga menghadirkan New Vellfire 2023 sebagai alternatif. Meskipun nama Vellfire tidak sepopuler Alphard, namun desain eksteriornya memiliki kemiripan yang mencolok.

Paralelitas di antara keduanya menjadi sebuah aspek menarik yang akan dibahas secara mendalam oleh ACC ONE. Jika Anda memiliki ketertarikan pada keduanya, bersiaplah, karena artikel ini akan membandingkan Alphard dengan Vellfire tahun 2023.

Dengan membaca tulisan ini, diharapkan Anda dapat membuat keputusan lebih baik untuk memilih antara Alphard atau Vellfire sebagai mobil baru Anda.

BACA JUGA:UPDATE! Versi Teranyar Mobil-Mobil Toyota yang Akan Masuk ke Pasar Otomotif Indonesia 2024

Perbandingan dari Segi Desain
Desain Alphard dan Vellfire menjadi fokus utama perbandingan keduanya, terutama dalam aspek visual. Perbedaan paling mencolok terlihat pada bagian depan mobil, terutama pada grill. Kedua mobil ini memiliki grill yang besar, mencakup area dari headlamp hingga bagian bawah bumper, memberikan kesan dominan.

Agar mendapatkan gambaran yang lebih rinci tentang desain keduanya, kita perlu menjelajahi lebih detail. Mari kita mulai dengan membahas desain dari mobil Toyota New Alphard terlebih dahulu.

Toyota New Alphard 2023

Meskipun desain grill mobil cenderung serupa, Alphard memberikan sentuhan elegan yang lebih mencolok dibandingkan Vellfire. Grill Alphard menampilkan aksen chrome yang dipercantik dengan motif jaring atau kotak-kotak, memberikan kesan mewah pada tampilan keseluruhan. Kesan kemewahan semakin diperkuat oleh desain grill yang tampak terhubung dengan headlamp.

BACA JUGA:New Suzuki Celerio 2023 Mencuri Perhatian Pecinta Otomotif Tanah Air: Ternyata Ini Keunggulan yang Dimiliki

Dimensi Alphard mencapai 4.995 mm x 1.850 mm x 1.935 mm, dengan wheelbase sepanjang 3.000 mm. Meskipun dimensinya hampir identik dengan Vellfire 2023, perbedaan kualitas tampak saat melihat interior keduanya.

Interior New Alphard lebih menekankan aspek premium dengan ornamen kayu yang diterapkan pada dashboard. Desain dashboard yang simpel namun elegan menciptakan kesan modern di area pengemudi.

Kursi penumpang dirancang dengan kenyamanan maksimal, dilengkapi fitur captain seat, serta panel kontrol untuk mengatur AC dan pemanas di baris kedua.
Toyota New Vellfire 2023

Dalam pemeriksaan desain Toyota New Vellfire 2023, eksteriornya menampilkan tampilan yang lebih tegas, terutama dengan tambahan lubang angin di bawah headlamp yang memberikan kesan sporty.

BACA JUGA:Kawasaki Ninja 500 2024 Siap Gebrak Pasar Otomotif Indonesia, Tampil Sporty dengan Fitur Canggih

Desain ini berbeda dari Alphard yang hanya memiliki lesung pipi tipis. Headlamp Vellfire juga sedikit lebih lebar dan terpisah dari grill, menciptakan kesan yang berbeda dari lampu tipis dan terintegrasi pada Alphard.

Beralih ke bagian interior, Vellfire mengesankan kegagahan dengan dominasi warna hitam yang diperkuat oleh aksen chrome. Berbeda dengan Alphard yang fokus pada kesan mewah dengan ornamen kayu di dashboard, Vellfire lebih menonjolkan kesan sporty-nya.

Dalam hal tata letak tombol, baik Vellfire maupun Alphard memiliki peletakan yang mirip, dengan tombol-tombol utama ditempatkan di sekitar setir.

Dashboard di bagian tengah keduanya memiliki sedikit tombol fisik, dengan layar sentuh yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai fitur hiburan.

BACA JUGA:TERCIDUK! Suzuki Jimny 5 Pintu Terdaftar di Indonesia, Hebohkan Pasar Otomotif Tanah Air

Ketika menyangkut kenyamanan penumpang, Alphard dan Vellfire sama-sama menyajikan fitur sunshade pada setiap jendela untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mobil.

Ruang kabin juga diperluas, dengan penambahan sekitar 5 dan 10 mm pada jarak antara kursi baris kedua dan ketiga.

Perbandingan Performa dan Fitur
Baik Alphard maupun Vellfire hadir dalam dua jenis mesin dan bahan bakar yang berbeda, yaitu tipe bahan bakar bensin dan hybrid.

Untuk versi Hybrid, keduanya menggunakan mesin yang identik, yaitu mesin A25A-FXS 4 silinder berkapasitas 2.500 cc, memberikan performa yang kuat dengan tenaga mencapai 250 horsepower.

BACA JUGA:CEK LIST! Skutik Listrik Brand Otomotif Ternama yang Siap Menggebrak Pasar Tahun 2024

Untuk versi bahan bakar bensin, Toyota New Alphard 2023 menggunakan mesin 4 silinder 2AR-FE berkapasitas 2.400 cc, menghasilkan tenaga sebesar 182 horsepower dan torsi 235 Nm.

Sementara itu, versi bahan bakar bensin dari Toyota New Vellfire 2023 menggunakan mesin 4 silinder T24A-FTS berkapasitas 2.400 cc yang dilengkapi Turbo.

Dengan teknologi turbo, Vellfire mampu mencapai tenaga maksimal 279 horsepower dan torsi 430 Nm, menunjukkan daya pacu yang lebih tinggi dibandingkan mesin Alphard berbahan bakar bensin.

Dalam hal fitur, Alphard dan Vellfire dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti sensor parkir, sensor pencegah tabrakan, sistem pengereman canggih, serta kursi dan setir yang dapat diatur.

BACA JUGA: Chery Omoda 5 GT Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia, Tawarkan Performa Lebih Garang

Namun, Alphard memiliki keunggulan dalam beberapa aspek, terutama dalam kenyamanan penumpang. Alphard dilengkapi dengan captain seat di kursi baris kedua dan control panel untuk mengatur AC dan heater, fitur yang tidak dimiliki oleh Vellfire.

Perbandingan Harga On The Road
Harga kedua MPV mewah dari Toyota ini tidak berbeda jauh, keduanya berada dalam kisaran 1 miliar lebih, dengan versi termurah sekitar Rp. 1,3 miliar dan versi termahal mendekati angka 2 miliar Rupiah.

Dengan kisaran harga tersebut, masing-masing mobil memiliki keunggulan tersendiri.

Jika Anda mencari mobil untuk penggunaan keluarga dengan fitur dan kenyamanan maksimal, Toyota New Alphard 2023 dapat menjadi pilihan yang sesuai.

BACA JUGA:Siap-siap Terpesona! Suzuki Burgman 400 Akan Menggebrak Pasar Otomotif Tanah Air

Sebaliknya, jika tujuan utama Anda dalam membeli mobil adalah untuk mencari performa, maka Toyota New Vellfire 2023 adalah pilihan yang tepat. Meski unggul dalam performa, Vellfire juga tetap cocok sebagai mobil keluarga, terutama jika mempertimbangkan kenyamanan kabinnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: