Nen Hunter x Hunter, Sistem Energi Terbaik yang Pernah Ada di Semua Anime

Nen Hunter x Hunter, Sistem Energi Terbaik yang Pernah Ada di Semua Anime

Nama-nama Nen dalam anime Hunter X Hunter, Jepang --dok : sumsek.co

SUMEKS.CO - Nen pada serial anime Hunter X Hunter adalah sistem energi terbaik yang perna ada di semua anime, seperti Naruto dengan Cakra, Black Clover dengan Mana, Dragonball dengan Ki, dan Bleach dengan Reiatsu.

Nen tidak mudah untuk diringkas.Nen adalah bentuk energi misterius yang ada di dunia Hunter x Hunter, dan dapat dimanipulasi menjadi kekuatan magis oleh siapa saja yang secara sadar menyelaraskannya. 

Perlu diketahui tidak ada dua orang yang memiliki keselarasan Nen dengan cara yang sama, sehingga kemampuan pengguna Nen berbeda secara unik satu sama lain. 

Satu-satunya cara bagi seseorang untuk menggunakan kemampuan Nen orang lain adalah dengan mencurinya, tapi tidak semua orang bisa mencuci kemampuan Nen.

BACA JUGA:Siapa yang Terkuat di Anggota 12 Zodiak dalam Serial Anime Hunter X Hunter?

Chrollo Lucifer misalnya, dia mampu menggunakan skill hunter untuk menyalin kemampuan orang lain ke dalam buku berjudul Rahasia Bandit. Namun satu sisi dia tidak memiliki jurus lain selain meniru jurus orang lain.

Atau pada kasus Meruem, Raja Semut Chimera yang mendapatkan kemampuan hanya dengan melahap pengguna Nen. 

Namun itu hanya pengecualian. Sejatinya masing-masing karakter memiliki satu jurus saja yang mereka dapatkan dari pengembang Nen.
Nen sebenarnya sudah dijelaskan dengan sangat detail di anime Hunter x Hunter, pada episode 148  versi 2011.

Pada dasarnya Nen adalah aura kehidupan yang dimiliki oleh setiap orang. Namun Nen sebagai suatu teknik adalah kemampuan untuk memanipulasi Nen sebagai sejenis energi, sedangkan siapa pun yang mampu melakukannya dikenal sebagai pengguna Nen. 

BACA JUGA:Misteri Dark Continent, Lanjutan Arc Chimera Ant di Anime Hunter X Hunter

Tipe orang seperti ini sangat langka di masyarakat karena fakta sederhana bahwa sebagian besar orang tidak tahu bahwa Nen itu ada

Meskipun dalam beberapa kasus non-pengguna mampu merasakannya. Hal terjadi tepat di awal Hunter x Hunter, di mana Killua mampu mendeteksi situasi haus darah yang dia rasakan dari Hisoka meski saat itu dia belum memiliki pengetahuan tentang keberadaan Nen.

Pengguna Nen yang sah adalah seseorang yang akrab dengannya, sehingga mereka dapat melihat dan merasakan aura orang lain secara metafisik. 

Ini adalah salah satu aspek paling menarik dari Nen ketika menyangkut hal-hal seperti pertempuran dan muslihat, pengguna yang kuat mungkin mengurangi jumlah aura yang mereka pancarkan untuk mengelabui lawan yang sensitif terhadap Nen agar meremehkan mereka.

BACA JUGA:Siapa yang Terkuat di Anggota 12 Zodiak dalam Serial Anime Hunter X Hunter?

Sementara misi sembunyi-sembunyi mungkin membutuhkan salah satu teknik pengembangan Nen. Misalnya penggunaan In, suatu teknik yang membuat aura penggunanya tidak terlihat sama sekali. 

Hal ini mudah dijelaskan dengan prinsip inti Nen. Terdapat 3 dasar dari penggunaan Nen :

1. Ten, pengembangan pertama teknik Nen, memungkinkan pengguna menjaga aura tetap dekat dengan tubuh pengguna, kemudian dapat terus mengalir melapisi tubuh. 

2. Zetsu, memungkinkan pengguna menutup simpul aura pengguna, mematikan Nen sepenuhnya. Ini dapat digunakan untuk mengelabui pengguna yang tidak ahli agar tidak dapat mendeteksi keberadaan pengguna. 

BACA JUGA:Kangen Anime Hunter X Hunter? Ini 9 List Pengguna Hatsu Bertipe Henka Terkuat

3. Ren, adalah amplifikasi dari Ten. Ini merupakan teknik yang secara drastis dapat meningkatkan potensi ofensif dan defensif untuk menggunakan Nen sebagai sarana untuk meningkatkan kekuatan fisik pengguna

Setelah pengguna menguasai dasar-dasar Nen sepenuhnya, maka pengguna baru dapat menggunakan Hatsu.

Hatsu, merupakan prinsip terakhir Nen, dengan kata lain Hatsu merupakan keahlian masing-masing yang dimiliki setiap pengguna.

Hatsu adalah penerapan Nen pribadi pengguna, yang dipengaruhi oleh kepribadian, karakter, keadaan emosi, ketabahan mental, dan salah satu dari enam kategori unik yang secara alami pengguna sukai. 

BACA JUGA: Mengenal Karakter yang Ada di Anime Arakawa Under The Bridge

Hatsu, kemudian, memungkinkan pengguna Nen untuk menciptakan dan menguasai kemampuan khas pengguna yang tidak dapat diakses oleh orang lain di dunia.

1. Hatsu bertipe Kyoka

Pengguna hatsu ini untuk sementara waktu dalam sebuah pertempuran dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan fisiknya sendiri.

2. Hatsu bertipe Henka

BACA JUGA:Anime Attack on Titan: Kehidupan Bangsa Eldia yang Damai Porak Poranda Diserang Mahluk Aneh

Merupakan imitasi zat - Membuat aura pengguna dapat meniru satu atau beberapa zat berbeda, seperti Bungee Gum milik Hisoka. Jadi yang diimitasi bukanlah bentuknya, melainkan sifatnya, seperti Bungee Gum yang lengket.

3. Hatsu bertipe Hoshutsu

Merupakan pelepasan aura dari tubuh. Dalam praktiknya, pengguna dapat melempar serangan energi ke target seperti kamehameha. 
Hatsu ini juga bisa digunakan untuk teleportasi.

4. Hatsu bertipe Gugenka

BACA JUGA:Update, Netflix Pastikan Remake Anime The One Piece segera Tayang dan Lebih Seru

Dapat memunculkan objek - Jenis sulap yang paling umum, menciptakan objek yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Contohnya penggunaan dapat menciptakan pedang atau senjata lainnya yang terbuat dari auranya sendiri.

5. Hatsu bertipe Sosa

Manipulasi Zat/Benda - Mengontrol zat/benda, seperti asap, kaca, api, tanaman atau mesin.
Hatsu ini bisa manipulasi makhluk hidup. Hal ini tidak terbatas pada memanipulasi tindakan mereka, karena pengguna dapat mengontrol hal-hal seperti ucapan atau kepribadian target.

6. Hatsu bertipe Tokushitsu

BACA JUGA:Trending! Film Anime The Boy and The Heron Duduki Peringkat 1 Box Office, Ini Sinopsisnya

Ini merupakan kemampuan khusus dan spesial. Lebih tepatnya ini merupakan kemampuan Pencurian/Manipulasi/Replikasi - Mengontrol, mencuri, atau mengubah hatsu orang lain dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: