6 Tips Liburan Pada Musim Hujan Agar Perjalanan Aman, Nyaman dan Tetap Asyik

6 Tips Liburan Pada Musim Hujan Agar Perjalanan Aman, Nyaman dan Tetap Asyik

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Liburan pada saat musim hujan tentunya membutuhkan sejumlah persiapan yang lebih ekstra dibandingkan dengan musim panas.

Saat ini musim hujan tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia. Jika berniat untuk berlibur saat musim hujan yang tak menentu ini, perlu persiapan agar liburan kamu tidak berantakan.

Karena cuaca belakangan saat ini terkadang tidak menentu, sehingga segala kemungkinan bisa terjadi.misalnya seperti angin kencang yang juga kerap terjadi ketika turun hujan

Liburan pada saat musim hujan harus persiapan nya harus matang. Karena mungkin beberapa rencana kegiatan liburan outdoor mungkin harus ditunda padahal libur akhir tahun jika akan turun hujan. 

BACA JUGA:9 Rekomendasi Destinasi Wisata di Tanjung Enim, Sumsel, Bisa Jadi Tujuan Liburan Akhir Tahun

Nah guys supaya seluruh rencana liburan  berjalan aman dan lancar, berikut 7 tips agar liburan tetap seru meski sedang musim hujan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Dengan menerapkan tips-tips ini,  perjalanan liburan tetap nyaman. Persiapan yang baik akan membuat liburanmu menyenangkan meski hujan turun.

Jadi, apa sih tips perjalanan liburan yang aman saat musim hujan?  Yuk simak pembahasannya tipsnya berikut ini: 

1. Riset Destinasi atau tentukan destinasi liburan

BACA JUGA:Yuk Liburan Akhir Tahun Ala Bocah Petualang ke Air Terjun Bedegung, Muara Enim

Langkah pertama yang harus dipastikan memilih atau meriset liburan tetap aman saat musim hujan. 

Pastikan memilih destinasi wisata yang ramah dengan cuaca hujan. misalnya seperti galeri seni hingga objek wisata indoor.

2. Persiapkan barang dengan baik

Nah setelah destinasi wisata sudah diputuskan, selanjutnya ialah persiapkan barang bawaan dengan baik.

BACA JUGA:Mau Liburan Nataru di Kota Palembang, Berikut 10 Rekomenadasi Rental Mobil dengan Tarif Murah

Karena cuaca sedang hujan, siapkan  tas ransel yang tahan air. Selain itu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadi seperti baju tebal, kaus kaki, sarung tangan, sandal hingga payung. 

Seluruh bawaan ini wajib banget ada di tas kamu apapun jenis transportasi yang digunakan saat liburan mulai dari kereta api, bus, hingga mobil atau motor pribadi. 

3. Bawak vitamin dan obat obatan

Meskipun disaat liburan ada hal yang tak boleh terlewatkan ialah membawa vitamin atau obat obatan. Karena meskipun sudah memastikan kondisi tubuh fit sebelum perjalanan, dengan antisipasi dengan membawa vitamin dan obat-obatan dasar.

BACA JUGA: Siap Liburan Akhir Tahun? Jangan Lupa Amalkan Ini Saat Mengunjungi Tempat Baru

Obat-obatan dasar yang dapat persiapkan seperti obat flu, masuk angin, sakit kepala dan diare. Oleh sebab itu, pastikan kondisi tubuhmu selalu fit setidaknya selama satu minggu sebelum perjalanan.

4. Selalu bawa perlengkapan hujan

Musim hujan terkadang tidak bisa diprediksi, maka dari itu selalu siap dengan payung atau jas hujan pada saat liburan atau perjalanan. 

Apalagi kalau liburan di perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua. siapkan juga membawa mantel.

BACA JUGA:10 Hotel Terbaik di Lampung yang Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga Akhir Tahun

Denahn penggunaan payung akan sangat berguna apabila kamu harus berjalan di sekitar area wisata namun suasana masih gerimis. Jadi, tetap bawa payung meskipun kamu bawa mobil. 

5. Selalu Pantau Kondisi Cuaca Terkini 

Nah tips yang satu ini sangat penting dilakukan pada saat ingin liburan di musim hujan ini. 

Sepanjang perjalanan, cuaca mungkin tidak menentu terkadang tidak sesuai dengan prediksi awal. Oleh karena itu, selalu pantau kondisi cuaca terkini untuk mengecek prakiraan cuaca terkini sepanjang perjalanan.

BACA JUGA:7 Ide Liburan Akhir Tahun yang Seru dan Menyenangkan, Nomor 4 Layak Dicoba!

Nah Jika dalam pantauan cuaca diketahui perjalanan akan melewati hujan deras, hal yang perlu dilakukan ialah tepikan sejenak kendaraanmu dan tunggu selama beberapa saat.

6. Perhatikan Kondisi kendaraan

Satu hal yang penting namun terkadang juga jarang dilakukan beberapa orang menjelang liburan adalah mengecek kondisi kendaraan. 

Oleh sebab itu, seringkali kamu akan menemukan kasus kendaraan yang mogok di perjalanan.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Populer di NTT, Pas Buat Liburan Nataru Bersama Keluarga

Nah untuk antisipasi hal tersebut ada baik nya sebelum libutan lakukan pengecekan rutin kendaraan sebelum keberangkatan. 

Jika memang mesin kendaraan ada yang harus diperbaiki, teknisi bengkel pun masih punya waktu yang cukup untuk memperbaikinya.

Nah guys dengan melakukan penerapan 6 tips  setidaknya risiko-risiko yang tidak diinginkan pun bisa diminimalisir. Semoga bermanfaat.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: