Kapal Roro KMP Puteri Leanpuri Diambil Alih Kementerian Perhubungan RI

Kapal Roro KMP Puteri Leanpuri Diambil Alih Kementerian Perhubungan RI

Kapal roro bersandar di dermaga sri menanti Banyuasin Tahun 2022 lalu.--

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Kapal Roro KMP Puteri Leanpuri ditargetkan bersandar kembali di Bumi Sedulang Setudung pada Tahun 2025 mendatang.

"Insya Allah Tahun 2025 beroperasional di Banyuasin," ujar Mulyanto Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin.

Sedangkan untuk Tahun 2024 mendatang, hanya di fokuskan untuk rehab fasilitas dermaga di Desa karang Agung Kecamatan Sumber Marga Telang, Banyuasin. Kemudian juga, rehab fasilitas kantor dermaga di Sri Menanti, toilet dan lain sebagainya. 

"Rehab itu dilakukan langsung oleh kementerian perhubungan republik Indonesia, karena aset dermaga telah di serahkan kepada pihak kementerian," bebernya.

BACA JUGA:Kebutuhan Darah di OKI Jelang Nataru Meningkat, Sehari Capai 15 Kantong

Usai rehab itu, maka pengelolaan dermaga penyeberangan itu kedepannya akan dikelola langsung oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat.

"Kendati demikian, kita akan menerima asas manfaatnya demi masyarakat Banyuasin," ucapnya.

Mengenai akses jalan menuju lokasi dermaga yaitu jalan Sri Menanti menuju jalan Tanjung Api Api telah dilakukan perbaikan.

Pastinya jika sudah beroperasional, masyarakat dapat lebih mudah untuk menuju Pangkalan Balai, Palembang dan sebaliknya. 

" Tidak pakai tongkang lagi," terangnya.

BACA JUGA:Revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang, Demi Kenyamanan Pedagang Kedepan

Diketahui, kapal Roro itu pindah operasional ke Bangka Belitung tepatnya di pelabuhan Tanjung Ro - Tanjung Nyato), setelah pemkab Banyuasin mendapatkan surat dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat dengan SK Kemenhub No KP-DRJD 9496 Tahun 2022.

"Kami harapkan segera beroperasional, karena masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik baiknya. Apalagi selama ini kawasan itu dapat ditempuh melalui transportasi air," kata Joko, warga sekitar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: