Kebutuhan Darah di OKI Jelang Nataru Meningkat, Sehari Capai 15 Kantong

Kebutuhan Darah di OKI Jelang Nataru Meningkat, Sehari Capai 15 Kantong

Kebutuhan darah di Kabupaten OKI menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 diprediksi meningkat dari hari biasanya. Foto: dokumen/sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kebutuhan darah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 diprediksi meningkat dari hari biasanya. 

Hal ini dikarenakan mobilitas masyarakat tinggi saat Nataru apalagi anak-anak sekolah libur. Dimana momen Nataru sebagian orang melakukan perjalanan. 

Dikatakan Sekretaris PMI Kabupaten OKI, Sirni Lestari SAg, saat ini sudah akhir tahun dan perayaan Natal juga Tahun Baru segera tiba, biasanya kebutuhan akan darah juga meningkat dari hari-hari biasa. 

"Saat ini saja stok darah yang ada bank darah kita sudah sedikit. Baru beberapa hari lalu ada donor darah massal dari Kodim 0402/OKI mengumpulkan 70 kantong darah," ujar Sirni, kepada SUMEKS.CO, Sabtu 16 Desember 2023.

BACA JUGA: Pelindo Regional 2 dan PMI Palembang Gelar Aksi Donor Darah, Nunu: Target 50 Kantong Darah Terpenuhi

Dia menjelaskan, dari puluhan kantong darah yang terkumpul itu dengan berbagai golongan darah, saat ini masih ada beberapa kantong darah saja. 

"Kebutuhan darah ini kebanyakan dari pasien yang melaksanakan operasi di Rumah Sakit termasuk juga korban kecelakaan lalulintas," kata Sirni. 

Masih kata Sirni, di akhir tahun ini dan libur Nataru, diprediksi kebutuhan darah meningkat karena meningkatnya mobilitas masyarakat. Meskipun tidak bisa menyebutkan berapa persen. 

"Yang jelas kebutuhan darah meningkat saat libur Nataru ini, walaupun tidak bisa menyebut berapa persennya," ucapnya. 

BACA JUGA:PMI Palembang Beri Pelatihan Pertolongan Pertama untuk Ojol, Ini Tujuannya

Sirni mengungkapkan, bagi masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah jangan khawatir, karena ada pendonor tetap atau yang disebut Sahabat Donor. Apabila tidak ada stok darah di bank darah. 

"Jadi meskipun golongan darah stok nyo kosong tapi kita ada Sahabat Donor yang bisa mendonorkan darahnya bila dibutuhkan. Kita ada contact personnya," jelasnya. 

Ditambahkan Sirni, untuk 1 pasien yang membutuhkan darah bisa 3-4 kantong darah, apabila banyak pasien pasca menjalani operasi, maka, makin banyak pula darah yang dibutuhkan.

"Untuk pendonor darah tetap saat ini ada sebanyak 200 pendonor dan mereka ini siap bila dibutuhkan," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: