Review Laptop Lenovo Ideapad Gaming 3, Berbeda dari Legion Namun Tetap Kencang

Review Laptop Lenovo Ideapad Gaming 3, Berbeda dari Legion Namun Tetap Kencang

Ilustrasi--sumeks.co

SUMEKS.CO – Laptop gaming Lenovo Ideapad Gaming 3 berbeda dari Legion, namun spesifikasi tetap kencang.

Lenovo menghadirkan tampilan terbaru pada laptop gaming yang ada di serie ideapad gaming 3, yaitu sudah menggunakan prosessor AMD ryzen 7.000 seires.

Laptop ini sudah teruji memiliki seri lengkap dari lenovo ideapad gaming 3 tahun 2023 (15ARH7) yang dikhususkan untuk para gamer.

Serie lenovo kalli ini menghadirkan spesifikasi yang mampu untuk menjalankan game AAA sehingga ketika dimainkan akant etap nyaman.

BACA JUGA: Laptop Gaming Lenovo Legion Series 9i, Resmi Meluncur di Indonesia, Dilengkapi Chip AI

Namun berbeda dengan serie legion karena lebih direkomendasikan untuk orang yang bermain game hardcore, sedangkan lenovo ideapad gaming 3 ditujukan untuk bermain game ringan.

Spesifikasi dari laptop lenovo ideapad gaming 3 ini sudah menggunakan SKU prosessor AMD ryzen 5 7535HS yang mempunyai boost clock sampai frekuensi 4,55 GHz.

Alasan lenovo memilih prosessor ini yaitu karena ingin menyesuaikan dengan target market dari serie ideapad gaming.

Namun bukan hanya prosessornya dari generasi terbaru, tapi grafisnya juga sudah memakai terbaru yaitu nvidia geforce rtx 4.000 dan sku yang telah digunakan adalah geforce rtx 4.050.

BACA JUGA:Berikut 10 Spek Minimal Laptop Untuk Menciptakan Pengalaman Gaming Terbaik!

Tidak hanya itu, yang membuat lenovo ideapad ini mejadi tambah keren adalah total graphics power atau TPG memiliki watt cukup besar yaitu 85w.

Semakin tinggi TGP (total graphics power) maka daya besar yang dimiliki laptop akan meningkatkan performa ketika sedang bekerja secara maksimal.

Namun kalau mau dibandingkan, sekarang ada brand yang menggunakan RTX 4.050 tapi TGP (total graphic power) hanya sebesar 45w.

Perbedaan ini sangat besar sehingga jelas akan membuat performa grafis pada laptop gaming akan semakin gahar untuk dimainkan.

BACA JUGA:Xiaomi Merilis Model Laptop Terbaru Redmi Book 14 dan 16, Didukung Prosesor Intel Core Generasi ke-13

Untuk spesifikasi memori pada laptop lenovo ideapad gaming 3 ini menghadirkan RAM yang lebih kecil dibandingkan dari serie legion.

Serie lenovo ideapad gaming 3 ini sudah menggunakan kapasitas RAM 8GB DDR5-4800Mhz serta hanya ada single channel untuk memori ramnya.

Namun jangan khawatir, jika ingin menambah memori lenovo sudah mempersiapkan satu slot kosong lagi untuk membuat ram pada laptop menjadi dual channel hingga 16GB.

Untuk tempat penyimpanan, laptop ini sudah menggunakan SSD NVMe PCle 4.0 x4 dengan kapasitas yang sangat besar yaitu 512GB.

BACA JUGA:17 Rekomendasi Laptop Murah Untuk Mahasiswa dan Pelajar,Harga Mulai 2 Jutaan

Form factor yang digunakan lenovo ideapad gaming 3 adalah M.2 2242 namun berukuran pendek yaitu 22 mm x 42 mm.

Mengenai performa pada laptop gaming tersebut, SSD yang sudah digunakan ini sudah cukup kencang karena kecepatan membacanya mencapai 4.000 mb/s serta kecepatan tulis 3.000 mb/s.

Lebih menariknya lagi karena lenovo sudah menggunakan lapisan heat spreader cukup tebal dan ditempelkan pada SSD yang berguna untuk meredam suhu dilaptop.

Jika dilihat dari segi kapasitas, kalau merasa kurang besar masih tersedia satu slot kosong untuk ditambah dengan form factor M.2 2280 (22 mm x 80 mm) yang cukup umum digunakan.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Brand Laptop Gaming Terbaik, Berikut Ulasan dan Spesifikasi Lengkapnya

Layar lenovo ideapad gaming 3 pun menarik karena sudah menggunakan resolusi sangat tinggi.

Namun resolusi layar yang digunakan lenovo ideapad gaming 3 bukanlah full HD tapi QHD sebesar (2560 X 1440) yang biasa digunakan pada laptop kelas atas.

Ukuran layar pada laptop gaming ini adalah 15 inci serta dilengkapi dengan panel IPS sehingga memiliki color gamut sRGB 100% yang mengartikan memiliki akurasi warna cukup baik.

Dengan spesifikasi layar tersebut tidak hanya membuat nyaman saat bermain game tapi bisa juga digunakan oleh content creator untuk edit foto atau video.

BACA JUGA:Ulasan Laptop Asus Zenbook S13 OLED UM5302: Terbaik di Kelas Ultrabook!

Refresh rate yang digunakan lenovo ideapad gaming 3 bukan hanya 144 Hz tapi sudah cukup besar yaitu 165 Hz.

Untuk baterai lenovo ideapad gaming 3 sudah menggunakan kapasitas sebesar 45w yang terbilang cukup kecil untuk digunakan pada laptop gaming.

Namun karena laptop gaming lebih sering digunakan memakai listrik, kapasitas baterainya tidak terlalu menjadi masalah.

Jika dilakukan pengujian baterai dari laptop lenovo ideapad gaming 3 aman hanya untuk penggunaan ringan saja tapi jika digunakan secara normal mampu bertahan 7 sampai 8 jam.

BACA JUGA:ANTI LEMOT! Ini 5 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pekerja dan Mahasiswa

Jika menjalankan video full hd dengan cara looping serta mengatur tingkat kecerahan layar ke 100 baterai hanya bisa bertahan 3 sampai 4 jam saja.

Lenovo mengeluarkan serie ideapad gaming ditujukan pada gamer yang mempunyai dana terjangkau namun bisa tetap merasakan bermain game dengan nyaman.

Dibandingkan lenovo legion yang harganya dikatakan lumayan mahan, ideapad gaming 3 ini bisa menjadi solusi untuk para gamer.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: