Andil Besar Herman Deru Antarkan Sumsel Raih Peringkat I Provinsi Terinovatif di Ajang IGA Award 2023

Andil Besar Herman Deru Antarkan Sumsel Raih Peringkat I Provinsi Terinovatif di Ajang IGA Award 2023

Herman Deru--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mengukuhkan diri sebagai provinsi terbaik di Indonesia. 

Terbukti dengan keberhasilan Sumsel meraih Peringkat I Provinsi Terinovatif Tahun 2023 di ajang Innovative Government Award (IGA) oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Selain mendapat penghargaan peringkat I kategori provinsi terinovatif, Sumsel juga mendapatkan penghargaan kategori skor tertinggi regional I atau se-Pulau Sumatera. 

Pencapaian terbaik di tahun 2023 ini tentunya tak lepas dari kerja keras yang sistematis dan kekompakan Organisasi Perangkat Daerah di Pemprov Sumsel di bawah kepemimpinan Gubernur Sumsel periode 2018-2023 H Herman Deru sejak awal tahun. 

BACA JUGA:Provinsi Sumatera Selatan Terima Dua Penghargaan IGA Tahun 2023

Bahkan secara berturut-turut Sumsel juga selalu masuk tiga besar provinsi terinovative dalam ajang IGA Award tahun 2021, 2022 hingga puncaknya tahun 2023 meraih Peringkat I Provinsi Terinovative mengalahkan beberapa Provinsi besar lainnya di Indonesia. 

Program-program unggulan besutan Gubernur Herman Deru tak dipungkiri memberikan andil besar dalam pencapaian peringkat I Provinsi Terinovative tersebut. 

Mulai dari Program Sumsel Tanggap dari Dinas Kesehatan hingga Program inisiasi murni dari Gubernur Herman Deru yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). 

Selain inovasi-inovasi tersebut, tercatat pada tahun 2023 telah ada 214 inovasi baru yang dikeluarkan dan di antaranya menjadi program unggulan. Ini membuktikan bahwa kondisi iklim inovasi di Sumsel terjaga dengan baik. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Kenalkan Aplikasi Songket, Mudahkan Penegakan Hukum Karhutla dengan Kamera Pengintai Asap

Pada saat presentasi Kepala Daerah dalam rangka penilaian Innovative Government Award (IGA) 2023 yang diselenggarakan Kemendagri secara virtual dari Griya Agung, Selasa, 25 September malam, Gubernur Sumsel periode 2018-2023 Herman Deru memaparkan dua program inovasi unggulannya. 

Kedua program unggulan tersebut yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dan Aplikasi Sumsel Tanggap. 

Untuk menggunakan layanan ini masyarakat cukup menghubungi  nomor 119 yang akan tersambung ke layanan comand center Dinas Kesehatan dan Polda Sumatera Selatan.  Pelayanan ini sangat bermanfaat karena dapat menjangkau sampai ke pelosok desa.

Menurut Herman Deru, ini tentu karena kerjasama yang sangat sinergi antar OPD dimana targetnya One Day One Innovation yang setiap hari harus punya inovasi. Baik itu untuk internal, eksternal hingga yang berdampak pada masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: