Konsumsi Karbohidrat Setiap Hari, Yuk Mengenal Karbohidrat Serta Fungsi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

 Konsumsi Karbohidrat Setiap Hari, Yuk Mengenal Karbohidrat Serta Fungsi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata karbohidrat bukan ? karbohidrat dikenal sebagai sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

Karbohidrat adalah makronutrien yang sangat diperlukan dalam tubuh manusia, karena makronutrien berperan penting dalam memberikan energi, mendukung aktivitas fisik serta menjaga fungsi otak manusia.

Jenis makronutrien yang ada dalam karbohidrat dapat ditemukan dalam makanan atau minuman tertentu, yaitu gula, pati serta serat.

Mengkonsumsi karbohidrat adalah hal yang wajib demi keberlangsungan hidup serta kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Tidak Hanya Nasi, Ini Makanan Pokok yang Kaya akan Karbohidrat

Karena karbohidrat merupakan sumber utama dari energi tubuh maka ketika mengkonsumsi karbohidrat membuat tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa, sebagai bahan bakar untuk sel-sel yang ada didalam tubuh.

Sumber utama energi tubuh inilah yang diperlukan untuk menjalankan semua aktivitas setiap harinya. Lantas seberapa penting mengkonsumsi karbohidrat bagi tubuh : 

1. Sebagai sumber energi

Mengkonsumsi karbohidrat akan memberikan manfaat sebagai sumber energi utama bagi tubuh, gula dan pati yang telah dikonsumsi terurai menjadi gula sederhana di dalam tubuh yang kemudian akan diserap kedalam aliran darah. Dikenal sebagai glukosa atau gula darah.

BACA JUGA:Penderita Diabetes Lebih Baik Mengkonsumsi Nasi Putih Dingin, Benarkah? Ini Penjelasannya

Setelah itu glukosa akan melakukan tugasnya untuk memasuki sel-sel yang ada didalam tubuh dengan bantuan dari insulin, kandungan glukosa akan dijadikan sebagai bahan energi bagi tubuh.

2. Melindungi diri dari bahaya penyakit

Mengkonsumsi serat dengan kandungan karbohidrat dapat melindungi tubuh dari berbagai macam gangguan penyakit, seperti obesitas, kanker usus, dan masih banyak lagi.

Kemudian mengkonsumsi serat serta biji-bijian dari makanan yang utuh juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung serta stroke, mengkonsumsi serat juga dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan agar lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: