XL Axiata Siap Wujudkan Kota Ramah Lingkungan dengan Teknologi IoT

XL Axiata Siap Wujudkan Kota Ramah Lingkungan dengan Teknologi IoT

(ki-ka) CEO PT. Xekar, Ria Putri Sekarwidati, Business Development Executive - IBM, Donny Gunawan, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Director Smart Cities and Communities Innovation Center ITB, Prof. Dr.Ir. Suhono Harso Sup--

SUMEKS.CO - Tren gerakan ramah lingkungan memang semakin kuat di dunia industri, dan hal ini merupakan respons dari kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

PT XL Axiata tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) dan X-CAMP memiliki peran penting dalam mendukung transformasi digital di Indonesia. 

Dengan mengembangkan layanan solusi digital dengan teknologi-teknologi terbaru, XL Axiata dapat membantu berbagai sektor industri di Indonesia untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan bahwa XL Axiata berkomitmen untuk mendukung upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas kehidupan masyarakat melalui teknologi digital.

BACA JUGA:Sriwijaya FC Lawan PSMS Medan, Skenario Lolos ke Babak 12 Besar Liga 2 ? Ini Kata Direktur Kompetisi LIB

XL Axiata memiliki sumber daya dan kemampuan yang memadai untuk mendukung upaya tersebut. XL Axiata memiliki jaringan telekomunikasi yang luas dan jangkauan yang luas, serta memiliki tim yang ahli di bidang teknologi digital.

“Salah satunya, kami saat ini memiliki sejumlah solusi digital berbasis Artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan Connectivity, yang telah menjadi satu ekosistem Green Smart City,” ujar Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa kepada Radar Sukabumi, Minggu 10 Desember 2023.

Gede menambahkan, solusi-solusi digital dalam ekosistem Green Smart City yang dihadirkan oleh XLABS tersebut sebelumnya sudah melewati masa inkubasi, dan di realisasikan dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sustainability.

Pada akhirnya ekosistem tersebut pun sudah bisa dikomersialisasikan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan industri berbagai sektor, juga untuk pemerintahan, bahkan dapat pula dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat luas.

BACA JUGA:133 Peserta Seleksi CPNS Kemenkumham Sumsel Jalani Tes Kesamaptaan

Konsep Green Smart City dibuat dengan mengembangkan layanan solusi digital yang menerapkan tren teknologi saat ini menuju Society 5.0, di mana teknologi tidak hanya berbicara tentang otomasi atau smart things, tetapi juga bagaimana dengan teknologi bisa mempengaruhi kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Dalam ekosistem Green Smart City yang dihadirkan oleh XL Axiata, solusi-solusi berbasis IoT dan AI yang tersedia antara lain, HydroponiX, X-Maggot, Temptrax, X-Shrimp, Poultrex, X-Bright, Pick A Park, X-Site, Xinergis, Hellomet, Smart Cluster, Smart Desk, Fleetech, Flood management system dan Eye-Catching.

Realisasi Green Smart City PT XL XL Axiata melakukan penandatanganan kerja sama dengan sejumlah mitra strategis untuk memperkuat ekosistem Green Smart City berbasis teknologi IoT dan AI. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan dalam acara bertajuk “Unveiling XL IoT Ecosystem Lounge: Innovate, Elevate, and Integrate” di Jakarta.

Kerja sama ini dilakukan dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), IBM, PT Cahaya Mutiara Sentosa, PT Maggot Indonesia Lestari, dan PT Xekar. Masing-masing mitra memiliki keahlian dan kapabilitas yang berbeda-beda, sehingga diharapkan dapat saling melengkapi dan memberikan solusi yang komprehensif untuk mewujudkan Green Smart City.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: