Rembuk Paripurna IV KTNA Kabupaten Muara Enim Fokus pada Peningkatan Kapasitas dan Mutu Petani

Rembuk Paripurna IV KTNA Kabupaten Muara Enim Fokus pada Peningkatan Kapasitas dan Mutu Petani

KTNA : Staf Ahli H Hermin Eko Purwanto membuka kegiatan Rembuk Paripurna IV Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Muara Enim.--

Tingkatkan Kapasitas dan Mutu Petani

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menggelar Rembuk Paripurna IV Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Muara Enim, di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Jumat 8 Desember 2023.

Kegiatan yang dibuka Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Kabupaten Muara Enim H Hermin Eko Purwanto ST MT itu, dihadiri Sekjen KTNA Provinsi Sumsel, Kepala TPHP Kabupaten Muara Enim, Perwakilan Dinas TPHP Provinsi Sumsel, Ketua KTNA Kabupaten Muara Enim beserta pengurus serta para peserta yang merupakan para penyuluh, pelaku tani dari 22 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim.

Dalam arahannya, Eko mengatakan tujuan dari pada diadakannya rembuk IV KTNA Kabupaten Muara Enim ini adalah untuk merumuskan program-program kerja selama lima tahun kedepan yang mengacu kepada target capaian visi dan misi utama KTNA yang dimuat kedalam tema "Meningkatkan Profesionalisme KTNA Menuju Petani Maju dan Sejahtera.

Lebih lanjut dirinya mengatakan KTNA adalah organisasi independen di Indonesia yang berorientasi pada aktivitas sosial di sektor pertanian berbasis agribisnis dan lingkungan hidup di pedesaan yang juga merupakan wadah untuk mengembangkan profesionalisme petani, kesetiakawanan serta membangun watak petani yang berdedikasi tinggi, produktif, berkualitas dan mandiri.

BACA JUGA:Dinas ESDM Sumsel Serahkan 11 Unit Motor Listrik ke 7 Kantor Cabang Regional, Bakal Jadi Contoh Masyarakat

Melalui KTNA ini juga, sambungnya sebagai media perantara program kerja Pemerintah Pusat yang kemudian dapat tersampaikan dengan baik kepada para petani di pedesaan secara menyeluruh, sekaligus forum untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi para nelayan dan tani kepada Pemerintah Daerah setempat.

"Kami yakin hadirnya KTNA di tengah-tengah masyarakat pada umumnya dapat meningkatkan kualitas dan mutu petani di Kabupaten Muara Enim, Maka dari Pemkab Muara Enim sangat mendukung penuh KTNA Kabupaten Muara Enim,"tutur Eko.

Diakhir arahannya, mantan Kadin PUPR ini berharap melalui Rembuk Paripurna IV KTNA Kabupaten Muara Enim dapat menghasilkan rumusan-rumusan rencana kedepan yang akan dituangkan kedalam program kerja 5 tahun kedepan serta mendapatkan pengurus yang berkomitmen dan berkompeten dibidangnya, sehingga dapat mengoptimalkan peran KTNA dalam meningkatkan kualitas petani guna terwujudnya swasembada pangan di Kabupaten Muara Enim.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: