Resep Membuat Kopi Biji Kurma dari dr Zaidul Akbar, Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Resep Membuat Kopi Biji Kurma dari dr Zaidul Akbar, Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

dr Zaidul Akbar--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Resep minuman kopi biji kurma yang kaya manfaat ini dibagikan ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar.

Semua orang pasti sudah tahu manfaat besar dari mengkonsumsi buah kurma untuk kesehatan tubuh. 

Selain bisa dikonsumsi langsung, ternyata buah asal Timur Tengah ini juga bisa diolah menjadi makanan atau minuman berkhasiat. Bukan hanya daging buahnya tapi juga biji kurma.

Sudah banyak beredar beragam makanan juga minuman yang berasal dari kurma, kini bijinya pun diinovasikan menjadi minuman seperti kopi.

BACA JUGA:Bye Bye Deodorant, Ini Tips Atasi Bau Badan Secara Alami dari Dr Zaidul Akbar

Dikutip dari akun Instagram dr Zaidul Akbar kopi biji kurma ini bisa dibuat dengan sangat mudah selayaknya minuman kopi yang berasal dari biji kopi yang dipanggang dan dihaluskan menjadi bubuk bedanya hanya asal dari bijinya saja.

Buah kurma dikenal atau memiliki cita rasa manis dengan tekstur daging buah yang lembut sehingga dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan ataupun minuman.

Buah kurma ini dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat tetapi jika pengonsumsiannya  dalam batas jumlah yang sewajarnya.

Dr Zaidul Akbar menyebutkan kopi biji kurma ini mengandung antioksidan dan asam lemak yang tak jenuh dimana kedua kandungan tersebut akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya memperbaiki gula darah, memperbaiki insulin, sampai meningkatkan kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Sering Dipleset Penyebab Hipertensi, dr Zaidul Akbar Justru Sebut Tempe Makanan Tersehat di Dunia

“Aslinya ya banyak banget manfaatnya karena kandungan antioksidannya dan asam lemak yang busa memperbaiki gula, insulin dan meningkatkan kekebalan tubuh,” kata dr Zaidul Akbar.

Berikut resep yang dibagikan dr Zaidul Akbar dalam mengolah biji kurma menjadi kopi untuk mendapatkan manfaatnya bisa diseduh dengan campuran susu.

Langkah pertama dengan mencuci biji kurma kemudian keringkan bisa dengan cara dijemur 7-10 hari atau dipanggang selama beberapa jam. Nah setelah biji kurma kering, sangrai hingga kecoklatan.

Setelah itu dinginkan biji kurma yang sudah disangrai dan haluskan sampai menjadi bubuk, saring lagi bubuk kopi biji kurma hingga teksturnya halus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: