45 Lembaga di Kota Palembang Ini Prioritaskan Penggunaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Naskah Dinas

45 Lembaga di Kota Palembang Ini Prioritaskan Penggunaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Naskah Dinas

Sebanyak 45 Lembaga mengikuti program pendampingan penggunaan pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan naskah dinas. Foto: Naba/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Balai Bahasa Provinsi Sumsel menggelar evaluasi dan penghargaan lembaga pengguna bahasa di ruang publik dan naskah dinas tingkat Kota Palembang. 

Melalui kegiatan tersebut, sebanyak 45 Lembaga mengikuti program pendampingan penggunaan pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan naskah dinas. 

Berlangsung di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang pada Selasa 28 November 2023 sore. 

Kepala Balai Bahasa Sumsel, Karyono menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan dengan tahapan koordinasi, pemantauan dan pengambilan data, sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi.

BACA JUGA: Balai Bahasa Sumsel Sosialisasikan Pemasyarakatan Bahasa Indonesia untuk 45 Lembaga

"Pendampingan dan penilaian untuk memprioritaskan penggunaan bahasa negara dalam ruang publik dan dokumen resmi, diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada lembaga yang diakui sebagai pengguna bahasa terbaik," kata Karyono kepada awak media usai kegiatan. 

Lanjut Karyono, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat kedudukan bahasa Indonesia dan memberikan prioritas pada penggunaan bahasa negara, terutama di lembaga pemerintah, pendidikan, dan swasta. 

Sesuai dengan UU No 24 Tahun 2009 mengenai bendera, bahasa, lambang negara, dan lagu kebangsaan, serta Perpres No 64 Tahun 2019 tentang penggunaan bahasa Indonesia, demikian dijelaskan oleh Karyono.

Selain itu, bertujuan untuk meningkatkan pandangan positif masyarakat terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. 

BACA JUGA:12 Tim Ikuti Festival Musikalisasi Puisi Balai Bahasa Sumsel

"Harapannya untuk 45 lembaga ini agar dapat meningkatkan tulisan-tulisan Bahasa Indonesia semakin baik di tempatnya," tukasnya. 

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kurniawan, sekaligus memberikan penghargaan kepada lembaga terbaik. 

"Tentunya program pendampingan penggunaan pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan naskah dinas sangat bermanfaat bagi lembaga baik pemerintah ataupun swasta. Kita harus bisa terus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mendukung melestarikan bahasa daerah," katanya. 

Berikut 45 lembaga terbina melalui Balai Bahasa Sumsel tahun 2023 tingkat Kota Palembang :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: