Menakjubkan, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Stop Mengkonsumsi Gula Selama Satu Minggu

Menakjubkan, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Stop Mengkonsumsi Gula Selama Satu Minggu

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Siapa sangka dengan berhenti mengkonsumsi gula untuk sementara waktu bisa menciptakan suatu manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh.

Sudah bukan rahasia lagi jika gula bisa menyebabkan rasa ketagihan. Siapapun yang mengkonsumsi gula yang berasal dari makanan dan minuman manis kemungkinan besar timbul perasaan untuk mengasupnya lagi dan lagi.

Para ahli menyebut efek adiksi dari gula bisa menstimulasi sistem reward dan rasa senang atau mood dalam otak sehingga membuat seseorang bisa mengkonsumsi secara terus menerus.

Namun jangan salah semakin banyak gula masuk kedalam tubuh, nantinya akan semakin menimbulkan rentetan masalah kesehatan mulai dari diabetes hingga kesehatan otak.

BACA JUGA:Brokoli Bisa Cegah Penyakit Diabetes dan Kontrol Gula Darah,Benarkah? Ini Fakta dan Penjelasannya

Lantas apa yang akan terjadi jika seseorang berhenti mengkonsumsi gula, benarkah akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Ini penjelasannya.

Gula diketahui memang sering berkaitan sebagai faktor untuk menambah tenaga tetapi jika sehari tidak mengkonsumsi gula kemungkinan tidak akan menghabiskan energi karena ini tentang gula bukan karbohidrat.

Gula dalam karbohidrat berbeda dengan gula yang buruk, saat seseorang berhenti mengkonsumsi gula dalam 20 menit pertama, maka tubuh akan merasa cepat kenyang. 

Satu jam setelah seseorang tidak mengonsumsi gula, kemungkinan akan merasa lebih bertenaga dan mulai terbiasa untuk menolak gula dalam kesehariannya.

BACA JUGA:7 Manfaat Minum Teh Tawar bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Kendalikan Gula Darah

Namun ada yang perlu diperhatikan jika sedang mengurangi pengonsumsian gula, seseorang harus menyiapkan alternatif dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein rendah lemak seperti sayur dan ikan untuk mencegah craving pada sesuatu yang manis.

Setelah mempertahankan hingga hari ketiga, maka kemungkinan tekanan darah akan menjadi stabil dan jadi lupa pada gula serta tidak akan kecanduan dengan gula lagi.

Sebenarnya ini adalah tantangan yang besar jika berbicara mengenai gula seperti yang disebutkan ketagihan gula bisa disebut seperti ketagihan narkoba yang menyebabkan tubuh akan mulai "sakau" untuk mendapatkan gula.

Kemungkinan lain akan merasakan gejala seperti sedih, cepat marah, mual, pusing, dan bahkan perasaan depresi yang tergantung dengan seberapa besar rasa ketagihan dengan gula yang biasanya proses ini bisa berlangsung selama 1–2 minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: