Gelar Rakernas, Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia Komitmen Dongkrak Kenyamanan Wisatawan

Gelar Rakernas, Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia Komitmen Dongkrak Kenyamanan Wisatawan

Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Bali mulai 16 hingga 18 November 2023. --

BALI, SUMEKS.CO - Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Bali mulai 16 hingga 18 November 2023. Rakernas dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Sandiaga Uno.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno menyampaikan dukungannya terhadap upaya PUTRI dalam memajukan sektor pariwisata Indonesia.

Ia menyoroti peran PUTRI dalam menggairahkan berbagai jenis wisata, seperti museum, alam, seni budaya, wisata buatan, desa wisata, konservasi, dan permainan anak.

“PUTRI adalah wadah yang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, mulai dari sektor pariwisata hingga penyerapan tenaga kerja,” ungkapnya.

BACA JUGA:Ketua DPD RI Paparkan 5 Langkah Nyata Atasi Kesenjangan Sosial Antar-Wilayah, Ini Caranya!

Sementara itu, Hans Manansang, Ketua Umum PUTRI menegaskan, Rakernas PUTRI bisa menguatkan organisasi, lini koordinasi dan memberikan dampak yang positif bagi Indonesia melalui pariwisata.

"Rakernas ini sangat penting untuk sinergitas semua pegiat dan pelaku industri pariwisata di Indonesia," ungkap Hans yang juga menjabat Deputi Direktur Taman Safari Indonesia. 

Terpisah, Alexander Zulkarnain, Ketua Organizing Comittee Rakernas PUTRI juga menambahkan pentingnya para pelaku usaha pariwisata untuk memastikan semua aspek dan faktor CHSE agar menjamin pengunjung mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sehingga bisa kembali lagi mengunjungi pariwisata dan memitigasi resiko yang timbul dari kenaikan dan lonjakan pengunjung terutama saat high season (musim liburan).

"Rakernas PUTRI ini diharapkan menjadi wahana kolaborasi yang produktif antara pemerintah, industri, dan memajukan sektor pariwisata menuju tujuan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua," ungkap Alex yang juga dipercaya sebagai Wasekjen PUTRI.

BACA JUGA:Sambangi Ponpes, Kapolres Ogan Ilir Ajak Jaga Kesejukan Situasi Politik Jelang Pemilu 2024

Hadir dalam acara, Deputi Menteri Bidang Industri dan Investasi, Rizky Handayani; Deputi Sumberdaya dan Kelembagaan, Martini (Diah) Paham; Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Rakernas juga dihadiri oleh 12 Dewan Pengurus Daerah (DPD) dari seluruh Indonesia dengan tema "Membangun Wisata Nasional Yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan".

PUTRI menekankan pentingnya faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengunjung dalam menikmati tempat wisata.

Kejadian beberapa kecelakaan wisata dibeberapa lokasi menjadi tolok ukur untuk pembenahan wisata yang tidak hanya menonjolkan keindahan alam, atraksi dan rekreasi namun juga faktor keselamatan pengunjung.

PUTRI sebagai perhimpunan usaha taman rekreasi memfokuskan pembinaan, edukasi kepada para anggotanya agar senantiasa memenuhi standar keselamatan yang baik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: