ISRG UBD Palembang Adakan FGD Pengenalan dan Penggunaan Aplikasi Aksara Ulu, Ini Tujuannya!

ISRG UBD Palembang Adakan FGD Pengenalan dan Penggunaan Aplikasi Aksara Ulu, Ini Tujuannya!

Intelligent Systems Research Group (ISRG) Universitas Bina Darma (UBD) Palembang menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Pengenalan dan Penggunaan Aplikasi Aksara Ulu (Kaganga), Selasa 14 November 2023.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  Intelligent Systems Research Group (ISRG) Universitas Bina Darma (UBD) Palembang menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Pengenalan dan Penggunaan Aplikasi Aksara Ulu (Kaganga), Selasa 14 November 2023.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Teknologi (RIT) UBD.

Kegiatan ini dihadiri oleh para peneliti ISRG, mahasiswa UBD, dan masyarakat umum yang tertarik dengan aksara Ulu.

Dalam kegiatan ini, para peserta dipaparkan tentang sejarah, perkembangan, dan penggunaan aksara Ulu. Selain itu, para peserta juga diperkenalkan dengan aplikasi aksara Ulu yang dikembangkan oleh ISRG.

BACA JUGA:Boikot Produk Israel Sukses Besar, Gas Terus Sampai Kapanpun, Jangan Kasih Kendor!

Dalam paparannya, Dr. Yesi Novaria Kunang, S.T., M.Kom. selaku Ketua ISRG menjelaskan bahwa aksara Ulu merupakan aksara asli masyarakat Ulu di Sumatera Selatan. Aksara ini telah digunakan sejak abad ke-17 dan telah mengalami beberapa kali perubahan bentuk.

“ISRG mengembangkan aplikasi Aksara Ulu Kaganga untuk membantu mengalih aksarakan teks latin ke Aksara Ulu dan sebaliknya aplikasi yang membaca dokumen Aksara Ulu. Untuk mensosialisasikan aplikasi yang dikembangkan maka diadakan FGD yang bertujuan memperkenalkan kepada para pihak yang akan menggunakan aplikasi Aksara Ulu (Kaganga) berbasis Sistem Cerdas,” jelas Dr. Yesi Novaria Kunang, S.T., M.Kom. selaku Ketua ISRG.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Teknologi (RIT) Universitas Bina Darma memberikan selamat dan apresiasi atas usaha dan kerja keras tim ISRG dalam membuat Aplikasi Aksara Ulu dalam sambutannya.

Selain itu kegiatan ini diharapkan bisa menampung masukan dari peserta untuk pengembangan aplikasi lebih lanjut. Melalui aplikasi ini tim ISRG Universitas Bina Darma berharap bisa berkontribusi dalam pelestarian dan penggunaan Aksara Ulu.

BACA JUGA:Sehari 20 Ton Sampah Masuk TPA Sepucuk, Masyarakat Kayuagung Perlu Sadar Sampah

“Istilah Surat Ulu atau Naskah Ulu sendiri dipakai untuk menyebut naskah kuno yang hanya ditemukan di daerah pedalaman Sumatera Selatan atau disebut daerah Ulu. Di masing-masing daerah tersebut, aksara tersebut dikenal dengan huruf Komering, huruf Ogan, huruf Rejang, huruf Pasemah dan lain-lain. Di daerah Sumatera Selatan sendiri manuskrip surat ulu tersebar relatif merata di seluruh wilayah uluan, antara lain di daerah Lahat, Pagaralam, Lintang, Rawas, Lubuklinggau, Muara Enim, Prabumulih, Danau Ranau, Komering Ulu dan Komering Ulu Timur,” ujar Nuzulur Ramadhona M.Hum. selaku Ketua Komunitas Aksara Ulu Kaganga Sumatera Selatan

Pada FGD Pengenalan dan Penggunaan Aplikasi Aksara Ulu (Kaganga), tim ISRG memperkenalkan 3 aplikasi yang dihasilkan yang disampaikan oleh Ketua Tim Intelligent System Research Group (ISRG) Dr. Yesi Novaria Kunang, S.T., M.Kom. bersama anggota tim ISRG, yaitu pertama, Aplikasi Aksara Ulu berbasis Android yang dilengkapi kemampuan mengenali  aksara Ulu dari, foto dan gambar, serta dari tulisan. Aplikasi ini juga memiliki menu transliterasi Aksara, yang berfungsi mengalihaksarakan aksara Latin ke aksara Ulu. Dan juga memiliki menu Lainnya yaitu berupa Daftar Aksara, Review, Pengaturan dan Informasi Aplikasi. 

Lalu, Aplikasi kedua adalah aplikasi Transliterasi Aksara Ulu berbasis Mobile Web dengan URL https://nulisaksaraulu.my.id/ yang berfungsi untuk men-transliterasi-kan huruf Latin ke huruf Aksara Ulu Kaganga. Selain itu juga pada aplikasi ini terdapat menu jenis-jenis huruf aksara ulu.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: