Hindari Jalan Ini! Akses Jalan Provinsi Muara Enim-Lahat Tertimbun Longsor

Hindari Jalan Ini! Akses Jalan Provinsi Muara Enim-Lahat Tertimbun Longsor

LONGSOR : Akses ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Muara Enim dengan Kabupaten Lahat tertutup material tanah longsor.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Hujan deras mengguyur Kabupaten Muara Enim mengakibatkan akses ruas jalan di wilayah Desa Pulau Panggung Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL) yang menghubungkan Kecamatan Mulak, Kabupaten Lahat tertimbun longsor, Selasa 14 November 2023 dini hari.

Informasi  yang berhasil dihimpun, tanah tebing longsor menutupi ruas jalan itu terjadi sekitar pukul 01.10 WIB. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa. Sementara akses jalan sempat terputus.

Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim, H Abdurrozieq Putra ST MT, mengatakan lokasi kejadian berada di jalan lintas Provinsi Sumsel yang menghubungkan Kabupaten Muara Enim dengan Kabupaten Lahat.

Dikatakan Rozieq, kejadian longsor yang mengakibatkan akses jalan sempat terhalangi oleh material longsor itu tepatnya di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL) Muara Enim dengan titik koordinat 4,11424, 103,619812.

BACA JUGA:Dukung Dunia Pendidikan, PT SBS Dukung Pengembangan SDM Pertambangan Melalui ISMG 2023

"Hal ini diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi disertai angin kencang, sehingga terjadi longsor dan beberapa pohon tumbang," ujarnya.

Beberapa upaya yang dilakukan adalah membersihkan material tanah longsor menggunakan alat Jonder pertanian milik warga. Kemudian melakukan pemotongan pohon tumbang disekitar jalan.

"Kami imbau masyarakat untuk selalu waspada terutama di area rawan terjadinya longsor untuk tidak melakukan kegiatan di sekitar lokasi," imbaunya.

Terpisah Kades Pulau Panggung, Maman Bagus Purba membenarkan adanya kejadian tersebut, sekira pukul 01.30 WIB dirinya mendapatkan laporan dari RT atas adanya kejadian tanah longsor di jalan lintas provinsi. Sebelumnya, akses jalan sempat terhalangi oleh material longsor, karena tanah menutupi seluruh badan jalan sehingga kendaraan tidak bisa melintas.

BACA JUGA:Curi Start Kampanye, Bawaslu Prabumulih Tertibkan APK-APS Caleg, Diangkut 2 Truk dan 3 Pick Up

"Lebar longsor sekitar 5 meter dengan panjang sekitar 7 meter yang menutupi jalan. Proses pembersihan material dilakukan kurang lebih sekitar 2 jam dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB, sebelum akhirnya jalan kembali bisa dilalui," bebernya.

Saat ini keadan sudah kembali normal dan bisa dilalui, area tersebut memang rawan longsor karena areal perbukitan.

Untuk itu dirinya mengimbau warga untuk waspada, kalau ada temuan daerah rawan longsor dan kejadian longsor untuk segera melaporkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: