Alhamdulillah, Bansos PKH Tahap 4 Cair Lagi di November 2023, Ini Syarat dan Cara Pencairannya

Alhamdulillah, Bansos PKH Tahap 4 Cair Lagi di November 2023, Ini Syarat dan Cara Pencairannya

Ilustrasi--

SUMEKS.CO - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah mencairkan bantuan sosial (Bansos) untuk bulan November 2023. Pencairan bansos ini dilakukan secara bertahap.

Pencairan bansos yang dilakukan pada bulan November 2023 ini merupakan tahap 4. Bantuan dicairkan langsung ke rekening penerima yang berhak, yaitu rekening bank yang terdaftar di Kementerian Sosial.

Untuk mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak, masyarakat dapat mengeceknya melalui website cekbansos.kemensos.go.id.

Caranya, cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nama lengkap. Jika terdaftar sebagai penerima bansos, maka akan muncul informasi mengenai jenis bansos yang diterima, tahap pencairan, dan jumlah bantuan.

BACA JUGA: Kasus Korupsi Pajak Mirip Kasus Gayus Tambunan di KPP Palembang Jadi Sorotan Publik, Bikin Warganet Geram!

Besaran bantuan sosial yang diberikan kepada KPM berbeda-beda, tergantung pada kategori penerimanya. Adapun bantuan yang diberikan berupa uang hingga Rp750 ribu.

Bansos yang cair pada bulan November 2023 ini adalah dari Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk para KPM yang masih menantikan bantuan tersebut, dapat memastikan kembali namanya terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Bantuan PKH 2023 ini agar masyarakat memastikan bahwa namanya masih terdaftar di DTKS Kemensos. Hal ini penting untuk dilakukan agar masyarakat yang membutuhkan dapat menerima bantuan PKH.

Pencairan bantuan PKH dilakukan secara bertahap, yaitu 4 tahap setiap tahunnya. Pada bulan November 2023 ini, bantuan PKH tahap 4 telah cair.

BACA JUGA: Cek Namamu Sekarang Siapa Tahu Dapat! Ini 4 Bansos yang Cair di Bulan November 2023

Bagi masyarakat yang belum menerima bantuan PKH tahap 4, dapat memastikan kembali namanya terdaftar di DTKS Kemensos.

Kabar gembiranya, bantuan PKH tahap 4 telah cair di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta, Bengkulu, Sumatera Selatan, Ponorogo, Tulung Agung, Bogor, Aceh, hingga Jawa Barat.

Bantuan PKH tahap 4 2023 merupakan alokasi untuk bulan Oktober, November, hingga Desember. Bantuan ini akan masuk ke rekening KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Selanjutnya, BLT PKH tahap 4 2023 disalurkan melalui bank Himbara (Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN) dan Kantor Pos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: