Honda Pcx 150 Tawarkan Mode Berkendara ala Moge, Ini Keunggulan dan Kekurangan

Honda Pcx 150 Tawarkan Mode Berkendara ala Moge, Ini Keunggulan dan Kekurangan

Tampilan motor Honda PCX 150 CC yang didukung mesin 150 CC.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Honda PCX 150 merupakan motor skutik bongsor dengan konfigurasi mesin berkapasitas 150 cc.

Pada awal kemunculannya di tahun 2010 Honda PCX 150 belum pernah mengalami perubahan yang signifikan sama sekali hingga sekarang.

Tampaknya pabrikan Honda masih percaya dengan desain Honda PCX 150 yang saat ini, dengan mempertahan tampilan yang sama. Pertanyaan apakah motor skutik bongsor dari Honda PCX 150 ini masih layak dibeli?

Sebenarnya secara desain maupun performa yang dihadirkan Honda PCX 150 masih sangat layak untuk dimiliki dimana saat ini penjualan skutik bongsor di Indonesia masih sedang tinggi-tingginya.

BACA JUGA:Lama Dinanti-Nanti, Honda Beat 125 Telah Rilis Kembali di Pasaran

Berikut beberapa kelebihan yang dihadirkan  dari Honda PCX 150 ini  diantaranya:

1.Mesin Yang Tangguh

Honda PCX 150 memiliki mesin yang sangat tangguh, menggunakan mesin 150 cc dengan 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP.

Dapur pacu ini memberikan tenaga yang tangguh dengan daya maksimum 10,8 kW (14,48304 HP ) pada 8.500 rpm dan torsi puncak hingga 13,2 Nm (1,35 kgf.m) pada 6.500 rpm.

BACA JUGA:New Honda Scoopy Tampil Lebih Fresh, AHM Garansi Rangka Hingga 5 Tahun

Tenaga ini memberikan akselerasi lebih tangguh seperti  jalan raya maupun lintasan terjal sekalipun, pengguna akan merasa nyaman selama berkendara.

2. Posisi Berkendara Nyaman

Honda Pcx 150 memberikan posisi berkendara yang nyaman, khususnya untuk kelasnya. Handlebar yang tinggi dan windscreen memberikan kenyamanan ekstra. Hal ini akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih rileks dan aman dalam berkendara.

3. Suspensi  Handal

BACA JUGA:Honda CB150X Meluncur di Indonesia, Persaingan Motor Sport Kembali Memanas

Suspensi depan dan belakang Honda Pcx 150 memberikan redaman getaran dan guncangan tampak lebih baik.

Meskipun bobot skutik ini ringan, suspensi yang diberikan terkenal sangat handal membuatnya nyaman saat bermanuver maupun menikung.

4.Sistem Pengereman Terbaik

Honda Pcx 150 telah  dilengkapi dengan sistem pengereman yang terbaik, meskipun hanya menggunakan kaliper dengan satu piston di bagian depan. Ini memberikan kinerja pengereman Honda Pcx 150  yang aman dan responsif.

BACA JUGA: Honda Hadirkan Pembaruan Scoopy 2024: Usung Mesin 160 cc, Desain & Fitur Premium!

5. Varian Beragam

Honda Pcx 150 hadir dalam tiga varian yang berbeda, yaitu CBS, ABS, dan eHEV atau PCX Hybrid. Ini memberikan fleksibilitas lebih bagi calon pembeli, sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Kekurangan Honda PCX 150

1.Desain Lebar

Honda PCX 150 memiliki desain yang bongsor atau lebar, terutama di bagian depan. Ini membuat skutik ini sedikit sulit untuk bermanuver di kemacetan lalu lintas.

BACA JUGA:Honda Sonic 150R: Penguasa Jalanan Dengan Kecepatan Super, Siap Diadu!

Pengguna dihadapkan untuk berhati-hati agar bagian lebar seperti knalpot dan filter udara tidak terpepet oleh kendaraan lain.

2. Kapasitas Penyimpanan Terbatas

Honda PCX 150 memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Hanya ada satu ruang penyimpanan di bawah handlebar, dan ruang ini tidak terlalu luas.

Sayangnya, tidak ada penutup untuk ruang penyimpanan ini, sehingga perlu perhatian ekstra agar barang-barang di dalamnya aman.

BACA JUGA:Motor Bebek Legendaris Honda Kirana Generasi Terbaru Resmi Meluncur, Harganya Bikin Geleng-Geleng

3. Kapasitas Tangki Bahan Bakar Kecil

Kapasitas tangki bahan bakar Honda PCX 150 tergolong kecil, hanya 8 liter, meski tidak terlalu kecil kapasitas ini masih kalah dari dari kompetitor lain.

Ini dapat  membuat pengguna akan sering  mengisi bahan bakar, meskipun efisiensi bahan bakarnya sekitar 45 km per liter.

4. Belum Ada Konektivitas Smartphone

BACA JUGA:Mencuri Hati Anak Muda, Honda Vario 160 vs Yamaha Aerox 155 Mana yang Unggul?

Honda PCX 150 dibanding kompetitor lainnya belum dilengkapi konektivitas smartphone. Seperti Yamaha Nmax teleh dibekali fitur konektivitas Y-Connect dan My Yamaha Apps.

Fitur Y-Connect berfungsi  memberikan berbagai informasi tentang motor melalui smartphone. Informasinya mulai dari  waktu servis, posisi parkir,  kerusakan motor, hingga konsumsi bahan bakar.

5.Tidak Ada Pembaruan

Honda PCX 150 telah diluncurkan sejak tahun 2010, namun tidak banyak pembaruan yang dihadirkan.

BACA JUGA:Honda RSX-150 Motor Bebek Undebone Siap Saingi Yamah dan Suzuki, Catat Tanggal Rilisnya!

Ini membuatnya terasa kurang kompetitif dibandingkan dengan skutik lainnya seperti Yamaha dan Suzuki yang telah banyak mengalami pembaruan.

Honda PCX 150 merupakan skutik yang masih layak dibeli di tahun 2023 ini, terutama jika ketika menjadi teman beraktivitas seharian. Mesin yang tangguh posisi berkendara yang nyaman menjadi alasan kenapa skutik Honda ini masih layak untuk dimiliki.

Pengendara perlu mempertimbangkan plus-minus dari Honda PCX 150 seperti desain yang lebar dan kapasitas tangki yang terbatas.

BACA JUGA:Suzuki GSX-S 150 Bakal Hadapi Gempuran Honda RSX-150, Siapa yang Lebih Unggul?

Diharapkan Honda akan segera memberikan pembaruan untuk meningkatkan daya saing Honda PCX 150 di pasar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: