UBD Palembang-Kodam 2 Sriwijaya Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Tabur Bunga di TMP Ksatria Ksetra Siguntang

UBD Palembang-Kodam 2 Sriwijaya Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Tabur Bunga di TMP Ksatria Ksetra Siguntang

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Universitas Bina Darma (UBD) Palembang mengikuti peringatan hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun  yang diselenggarakan oleh Kodam II/Sriwjaya, bekerjasama dengan Perguruan Tinggi se-Kota Palembang dan Organisasi Pemuda.

Sebanyak 100 mahasiswa UBD Palembang turut hadir dalam rangkaian acara penghormatan kepada para pahlawan, doa bersama, dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang (KKS).

Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Ruslan Effendy, SIP, mengungkapkan Generasi Z sekarang sangat pintar, cerdas, dan cepat menguasai IT (teknologi informasi). Kendati, kepintaran tersebut harus diwadahi dengan kegiatan patriotisme dan nasionalisme. 

"Ya, karena mereka akan memimpin negara ini sebagai bonus demografi ke depan," kata Brigjen TNI Ruslan Effendy, SIP.

BACA JUGA:MANTAP! Tim Inovator Center UBD Palembang Kembali Raih Silver dan Bronze Medal E-ACTION 2023

Ketua Pelaksana Wakil Rektor III UMP Dr Ir Mukhtaruddin Muchsiri, MP, mengatakan, seluruh kampus di Kota Palembang turut berpartisipasi dalam rangka kembali digelorakan jiwa para pemuda-pemudi Indonesia.

"Kita diingatkan kembali dengan nuansa 1928, dan mengenang para pahlawan sudah gugur mendahului kita. Sehingga membangkitkan kembali jiwa patriotisme untuk membangun  energi pembangunan pemuda-pemudi Indonesia," katanya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr Yanti Pasmawati, ST MT menambahkan, makna sumpah pemuda yakni menyatukan perjuangan dan cinta tanah air NKRI.

Mengingat, Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

BACA JUGA:Dosen UBD Palembang Jadi Invited Speaker of International Symposium di INTI International University Malaysia

"Semoga dengan peringatan hari sumpah pemuda ke 95 tahun, generasi Z dari perguruan tinggi di Palembang mampu memaknai dengan baik cita-cita luhur dari penggagas lahirnya semangat pemuda dalam persatuan dan kesatuan," imbuhnya.

Menurut Dr Yanti Pasmawati, ST MT, kegiatan ini tak hanya sekedar kebiasaan dan perayaan tahunan saja, namun seharusnya bisa merefleksikan semangat perjuangan pemuda untuk meraih kemerdekaan dengan berbagai perbedaan melalui ide, kreativitas, dan inovasi.

"Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memacu semangat para pemuda agar mempertahankan eksistensi dari kemerdekaan itu sendiri," harapnya.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga dilanjutkan seremoni pelepasan peserta Pawai Kebangsaan yang dipimpin Kasdam II/Sriwjaya, Brigjen TNI Ruslan Effendy yang ditandai dengan pengibaran bendara start.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: