Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Hadiri Rakor Pj Kepala Daerah, Ini Arahan Presiden Jokowi

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Hadiri Rakor Pj Kepala Daerah, Ini Arahan Presiden Jokowi

Tito Karnavian, Joko Widodo dan Sri Mulyani--dok : sumeks.co

JAKARTA,SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubenur Sumatera Selatan Agus Fatoni, menghadiri Rapat Koordinasi Pj Kepala Daerah Seluruh Indonesia yang dipimpim langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo di Istana Merdeka, Gambir, Jakarta, Senin 30 Oktober 2023.

Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah arahan kepada para penjabat kepala daerah se-Indonesia yang mendorong untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar. 

“Pantau harga riil di pasar, turun ke lapangan. Jika ada masalah, lakukan intervensi seperti tadi saya sampaikan, subsidi angkutan bisa dilakukan,” kata Joko Widodo.

Selain itu, Kepala Negara juga mendorong daerah mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat.

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Ajak Muslimat NU Sumsel Dukung Penuh Lima Program Prioritas Pemprov Sumsel

“Pemerintah kabupaten/kota memberikan 5 kilogram, rampung kalau bareng-bareng seperti itu, rakyat itu adem,” lanjutnya. 

Selanjutnya, Presiden juga mengingatkan para penjabat kepala daerah untuk tetap waspada terhadap dampak dari fenomena super el nino. Meski di beberapa daerah hujan telah turun, tetapi potensi kebakaran juga harus tetap diantisipasi. 

“(Kebakaran) masih kecil, segera selesaikan. Kalau kira-kira, diperkirakan tidak mampu menyelesaikan, segera sampaikan ke BNPB pusat. Hati-hati mengenai ini,” ujarnya. 

Kemudian dalam hal reformasi birokrasi, Kepala Negara menekankan pentingnya menyederhanakan prosedur dan tata kelola khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor. Hal tersebut dikarenakan investasi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Festival Literasi Nusantara 2023

“Gimana kita mau bersaing kalau (mengurus) izin masih berbulan-bulan, ke meja ini, meja ini, meja ini? Seperti itu yang Bapak, Ibu gubernur, bupati, wali kota (harus) selesaikan karena investasi itu sebutan,” imbuh Presiden. 

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga membahas terkait peran kepala daerah memasuki tahun politik 2024. Kepala Negara menegaskan agar para kepala daerah terus memberikan dukungan kepada KPUD dan Bawaslu tanpa melakukan intervensi apapun, serta memastikan netralitas ASN terjaga. 

“Saya minta jangan sampai memihak. Itu dilihat lho, hati-hati. Bapak, Ibu dilihat. Mudah sekali kelihatan Bapak, Ibu memihak atau enggak. Klik, sudah. Dan juga pastikan ASN itu netral,” tambahnya. 

Apabila terjadi pergolakan di masyarakat, Presiden meminta agar pemerintah daerah segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: