Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Festival Literasi Nusantara 2023

Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Festival Literasi Nusantara 2023

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni buka festival literasi 2023.--

SUMEKS.CO - Festival Literasi SumSel Tahun 2023 dengan tema “Selebrasi Literasi” yaitu gerakan untuk membudayakan literasi sebagai gaya hidup masyarakat. Diselenggarakan 27-29 November 2023 bertempat di Asrama Haji Palembang, 

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Fitriana, S.Sos, M.Si mengatakan, Festival Literasi dimulai Tahun 2020 yang diinisiasi oleh Almarhumah Hj. Percha Leanpuri, B.Bus.MBA Duta Literasi Sumatera Selatan periode 2019-2021.

"Alhamdulillah tugas untuk meningkatkan budaya literasi di Sumatera Selatan diteruskan oleh Ratu Tenny Leriva, S.Ked,"ujarnya saat memberikan laporan pada kegiatan pembukaan Festival literasi Sumsel. Jumat 27 Oktober 2023. 

Katanya, Pembangunan Literasi Masyarakat Sumatera Selatan melibatkan Semua elemen. pemerintah dan masyarakat, Duta Literasi, duta Sekolah, dan Duta Dongeng serta Bapak/Bunda Literasi se Sumsel yang saat ini berjumlah 2007 orang.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Apresiasi Kegiatan SHM Program TPBIS Perpusnas RI

"saling bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan Provinsi sumsel,"ungkapnya 

Lanjutnya, Festival Literasi merupakan Program Inovasi Dinas Perpustakaan dan Duta Literasi Sumsel, sehingga tahun 2022 Pemerintah Provinsi Sumsel berhasil menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri. 

"Penghargaan ini membawa dampak peningkatan kegemaran membaca yang berkontribusi terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Sumsel,"sambungnya

Lebih jauh dijelaskan, tujuan kegiatan ini sebagai ajang apresiasi dan penganugrahan atas capaian keberhasilan kegiatan literasi yang telah dilakukan oleh Duta Literasi, Bapak dan bunda literasi, komunitas dan Pegiat Literasi serta Dinas Perpustakaan Provinsi/ Kabupaten Kota se Sumsel. 

BACA JUGA:PT DSSP Power Sumsel Launching Perpustakaan Digital dan Berikan Bantuan Mobil Pengankut Sampah

Selain itu sebagai sarana menyalurkan minat bakat dan kreativitas pelajar, mahasiswa dan masyarakat melalui kompetisi diberbagai bidang literasi.

Kemudian, memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibidang kuliner dan kerajinan yang mengangkat nilai-nilai kearifan lokal di Sumsel sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus menurunkan tingkat inflasi dan angka kemiskinan.

"Sehingga berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat Sumsel," ucapnya seraya menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, adapun kegiatan Festival Literasi meliputi, Berbagai Lomba Literasi, Literasi Baca Tulis, Literasi Digital, Literasi Budaya dan Kewargaan, Literasi Finansial, Literasi Manusia 

Tak hanya itu jiga dilakukan pameran Literasi terdiri dari, Pameran Naskah Kuno Nusantara. Pameran Literasi Budaya dan Finansial yang diikuti 16 kab/kota. Literasi Numerasi (menampilkan pameran dari Ruang Guru).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: