Pemprov Sumsel Apresiasi Kegiatan SHM Program TPBIS Perpusnas RI

Pemprov Sumsel Apresiasi Kegiatan SHM Program TPBIS Perpusnas RI

Salam Literasi peserta SHM Program TPBIS.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel mengapresiasi kegiatan Stekholder Meeting (SHM) tingkat Provinsi pada Program TPBIS yang diselenggarakan Perpusnas RI di Hotel Aryaduta, Rabu 3 Agustus 2023.

Kegiatan SHM Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dibuka Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus (PPUK) Perpusnas RI Dra. Nani Suryani, M.Si.

Dalam sambutannya ia mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat dan melanjutkan sinergi dan kolaborasi stakeholder sebagai gerakan bersama dalam membangun literasi masyarakat melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, membangun kesadaran tentang pentingnya transformasi perpustakaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membangun dukungan stakeholder untuk perluasaan dan keberlanjutan program.

Kegiatan Revitalisasi Pengembangan Perpustakaan Umum sudah dimulai sejak  tahun 2018, ditetapkan menjadi kegiatan Prioritas Nasional dengan nama Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

BACA JUGA:Curah Hujan Rendah, Forkopimca Cengal Patroli Daerah Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan


Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus (PPUK) Perpusnas RI Dra. Nani Suryani, M.Si --

"Saat ini, sudah 33 perpustakaan provinsi, 296 perpustakaan kabupaten/kota, dan 1.696 perpustakaan desa/kelurahan telah menjadi penerima manfaat program TPBIS. Dan hingga Juni 2023, 1.396 perpustakaan desa/kelurahan di 27 provinsi telah melaksanakan replikasi TPBIS secara mandiri," paparnya.

Dikatakannya, sejalan dengan tagline Perpusnas, Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Untuk Kesejahteraan Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid 19, TPBIS diupayakan agar dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai salah satu strategi peningkatan Literasi masyarakat menuju keberdayaan untuk memulihkan ekonomi pasca pandemi.

"Demi tujuan tersebut, Perpusnas mengajak seluruh stakeholder TPBIS untuk sama-sama mengambil peran dalam memastikan keberlanjutan dan perluasan replikasi TPBIS," pungkasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan (Dispustaka) Provinsi Sumsel, Fitriana, S.Sos, M.Si menambahkan, salah satu perubahan paradigma terhadap fungsi perpustakaan adalah melalui Program TPBIS.

BACA JUGA:Tokoh Kristen Ini Nangis Panji Gumilang Dipenjara, Netizen: Kalau Agamamu Diobok-obok Tentunya Akan Marah Juga


Kepala Dinas Perpustakaan (Dispustaka) Provinsi Sumsel, Fitriana, S.Sos, M.Si.--

Saat ini program TPBIS merupakan Program Prioritas Nasional dalam rangka percepatan pengurangan kemiskinan melalui penguatan literasi masyarakat.

Untuk itu fungsi perpustakaan menjadi ruang berbagi, ruang belajar, ruang berlatih keterampilan dan ruang tukar menukar pengalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: