Mengenal Apa Itu Penyakit Lupus Nefritis yang Sebabkan Penyanyi Shena Malsiana Meninggal Dunia

Mengenal Apa Itu Penyakit Lupus Nefritis yang Sebabkan Penyanyi Shena Malsiana Meninggal Dunia

Shena Malsiana--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Lupus nefritis merupakan penyakit autoimun yang lebih dominan.  Dimana sistem kekebalan tubuh menargetkan dan menyerang ginjal.

Baru-baru ini, penyanyi jebolan X Factor Indonesia, Shena Malsiana meninggal dunia dikarenakan penyakit lupus nefritis.

Diketahui bahwa Shena Malsiana, menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 25 Oktober 2023 pukul 15.57 WIB.

Shena Malsiana sudah mengidap penyakit tersebut sejak tahun 2021 lalu yang mengharuskan dirinya melakukan cuci darah rutin selama satu tahun belakangan.

BACA JUGA:Khasiat Ajaib Dari Daun Nangka, Nomor 5 dan 6 Nggak Nyangka Bisa Sembuhkan Penyakit Ini

Dikonfirmasi oleh sang adik, sebelum meninggal dunia Shena Malsiana sempat mengalami batuk, lemas, sesak nafas dengan saturnasi 93-94 dan kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Namun apakah gejala yang terjadi pada seseorang yang mengalami Lupus Nefritis ini?

Penyakit Lupus Nefritis ternyata juga pernah dialami oleh penyanyi international, Selena Gomez yang membuatnya harus melakukan transplantasi ginjal pada tahun 2017 silam.

Lupus atau dalam istilah medis adalah systemic lupus erythematosus (SLE) yang merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh seperti kulit, sendi, ginjal, dan organ dalam lainnya.

BACA JUGA:5 Manfaat Baik dari Kebiasaan Mengkonsumsi Ikan Sidat untuk Kesehatan Tubuh

Lupus nefritis adalah salah satu komplikasi serius dari lupus yang berdampak besar dan sangat memperngaruhi pada salah satu organ yakni ginjal.

Penyakit ini akan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan ginjal yang menyebabkan peradangan serta kerusakan pada glomerulus (pembuluh darah kecil dalam ginjal yang berfungsi menyaring darah).

Penting untuk diketahui bahwa jangan pernah menganggap suatu penyakit sepele atau dibiarkan tanpa pengobatan karena kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal dan berakhir pada kondisi gagal ginjal.

Ini karena diketahui ada sekitar 60 persen pasien lupus dapat mengalami nefritis lupus yang pada gejala awal, nefritis lupus menyebabkan inflamasi pada ginjal.

BACA JUGA:Benarkah Mengkonsumsi Sayur Kangkung Bisa Bikin Ngantuk? Ini Faktanya

Jika peradangan terjadi maka ginjal akan mengalami penurunan fungsi untuk penyaringan serta bisa menyebabkan protein keluar melalui urine.

Kemudian akan menyebabkan tubuh kekurangan protein dengan berbagai bengkak pada wajah dan tungkai jika tidak segera ditangani.

Penyebab dari adanya penyakit Lupus Nefritis ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya bisa jadi karena faktor genetik, jenis kelamin, obesitas, etnis, usia dan berbagai paparan zat kimia.

Untuk perokok juga berhati-hati karena selain faktor diatas, rokok juga bisa memicu respons inflamasi dan merusak sel-sel ginjal yang meningkatkan resiko penyakit ini.

BACA JUGA:Pasien Gagal Ginjal Bisa Gunakan BPJS Kesehatan untuk Cuci Darah di Rumah Sakit

Adapun beberapa gejala yang bisa jadi dialami seseorang yang kemungkinan mengidap lupus nefritis atau gangguaj ginjal adalah perubahan urine, pembengkakan, tekanan darah tinggi, nyeri ginjal, mudah lelah, mual muntah, kurang nafsu makan dan kulit/ rambut mudah rapuh.

Hingga saat ini menurut beberapa sumber menyebutkan belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit ini namun untuk meredakannya pengidap penyakit lupus nefritis memerlukan berbagai perawatan bergantung dari jenis dan tingkat keparahan yang diderita oleh pasien.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: