Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Dorong Minat Baca Masyarakat melalui Festival Literasi Nusantara Sumsel

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Dorong Minat Baca Masyarakat melalui Festival Literasi Nusantara Sumsel

PJ Gubernur Sumsel Agus Fatoni --dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni resmi membuka Festival Literasi Nusantara Sumatera Selatan Tahun 2023 sekaligus launching Program Bakti Pusaka.

Diketahui kegiatan Festival Literasi Nusantara Sumatera Selatan Tahun 2023 ini diselenggarakan di Asrama Haji Palembang, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat 27 Oktober 2023.

"Literasi itu ada tiga yaitu membaca, menulis, dan analisis nah untuk menumbuhkan ketiga hal itu,  harus bisa memunculkan rasa cinta dan sayang yang bisa menjadi kebiasaan," jelas Fatoni.

Selain itu Pemerintah Provinsi Sumsel sangat mendukung kegiatan literasi agar dapat terus tumbuh kembang, tentunya dengan dukungan semua pihak terkait.

BACA JUGA:Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Perkuat Kemitraan dengan KADIN Sumsel

Menurut Agus Fatoni melalui banyak membaca dapat meningkatkan pengetahuan dalam mencetak generasi-generasi yang lebih unggul.

"Generasi unggul yang cerdas, pintar, kreatif, dan inovatif bisa tercapai dengan adanya proses literasi," ucap Fatoni.

Melalui kesempatan ini Fatoni juga mengapresiasi Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan dan Duta Literasi Sumatera Selatan yang menjadi motivasi untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel Fitriana mengatakan kegiatan ini merupakan gagasan dari Duta Literasi Sumsel sebelumnya yakni Almarhum Percha Leanpuri.

BACA JUGA: Agus Fatoni : Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sumsel 5,24 Persen, Tertinggi di Pulau Sumatera

"Alhamdulilah tugas dan cita-cita beliau diteruskan oleh Ratu Tenny Leriva sebagai Duta Literasi sehingga sampai saat ini terus meningkat,” ujar Fitriana.

Dia menyebutkan pembangunan literasi di Sumsel melibatkan semua elemen, baik itu Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sumsel, sekolah, Bunda Literasi sekaligus Ketua TP PKK se-Sumsel dengan jumlah peserta mencapai 2000 orang.

"Tujuan Festival Literasi Nusantara sebagai ajang apresiasi dan penganugerahan atas capaian kegiatan literasi para duta literasi, komunitas dan pegiat literasi serta bunda literasi dan Dinas Perpustakan se Sumsel," terangnya.

Sedangkan Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva mengatakan Festival Literasi Nusantara sudah yang ketiga kali digelar bersama Dinas Perpustakaan Sumsel.

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Bersama Menko PMK RI Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Sumsel

"Alhamdulillah capaian literasi di Sumsel semakin meningkat termasuk berbagai penghargaan yang diraih," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: