Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Perkuat Kemitraan dengan KADIN Sumsel

Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Perkuat Kemitraan dengan KADIN Sumsel

PJ Gubernur Sumsel Agus Fatoni bersama pengurus KADIN Sumsel.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan terus berusaha mewujudkan kesejahteraan merata pada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperkuat kemitraan dengan KADIN (Kamar Dagang Indonesia) Sumsel.

"Semua ini tentu bisa dicapai dengan kebersamaan kita semua baik pemerintah, dunia usaha dan juga masyarakat," kata Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni saat membuka acara ‘Kadin Sumsel Expo Tahun 2023’ di Palembang Sport and Convetion Center (PSCC), Palembang, Sumatera Selatan, Jumat 27 Oktober 2023.

Saat ini pertumbuhan ekonomi Sumsel terhitung cukup baik yaitu sebesar 5,24% dengan jumlah inflasi sebesar 2,28%.

Namun tak hanya pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan ekstrem Sumsel juga tercatat turun drastis dari 3,19% pada tahun 2022 menjadi hanya 1,41% di tahun 2023.

BACA JUGA: Agus Fatoni : Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sumsel 5,24 Persen, Tertinggi di Pulau Sumatera

Kemudian angka stunting pun ikut mengalami penurunan yang signifikan dari 24,8% menjadi 18,6% atau turun sebesar 6,2%. 

Seperti yang diketahui, situasi dunia global saat ini tidak cukup baik pasca pandemi Covid-19 yang melanda sejak tiga tahun terakhir. Namun, menurutnya dengan kerja sama dan kekompakan pemerintah dan dunia usaha diyakini dapat mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan kembali sehingga kesejahteraan masyarakat semakin cepat terwujud, terutama di Sumsel.

"Dengan kekompakan semua pihak kolaborasi antara pemerintah dan dunia usaha, kita yakin Sumsel dapat mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan," kata Fatoni. 

Fatoni juga berharap dengan diselenggarakannya Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) yang bebarengan dengan KADIN Sumsel Expo Tahun 2023 dapat menghasilkan program yang produktif dan inovatif serta mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

BACA JUGA: Pertama Pimpin Apel Gabungan, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Berikan Pesan Ini untuk ASN

"Selamat melaksanakan KADIN Sumsel Expo 2023. Semoga event ini menghasilkan produk dan inovasi dalam mempercepat tumbuhnya perekonomian Sumatera Selatan," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KADIN Indonesia Yukki N Hanafi sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemprov Sumsel dan dia juga berharap agar kemitraan yang dijalin dapat terus bersinergi bahkan ditingkatkan demi percepatan investasi perdagangan di Sumsel.

Yukki menuturkan bahwa Rapimprov akan berupaya mendorong perdagangan dan investasi dapat sejalan dengan capaian perekonomian Sumsel yang patut diapresiasi dan diacungi jempol. Dikarenakan mampu bertahan dan tumbuh di tengah ketidakstabilan ekonomi global. 

Pembukaan KADIN Sumsel Expo Tahun 2023 ditandai dengan penekanan big screen oleh Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, didampingi Ketua Kadin Yukki N Hanafi serta Ketua Umum Kadin Provinsi Sumsel Affandi Udji.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Apresiasi Capaian Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan IPM Kota Prabumulih

Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan beberapa stand expo yang menyajikan aneka produk kerajinan khas daerah Sumsel.

Nantinya KADIN Sumsel Expo Tahun 2023 ini akan berlangsung mulai 27-29 Oktober mendatang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: